Rabu, 16 Juni 2021 15:08

Mbah War, Sang Maestro Biola Asal Kediri itu Meninggal Dunia

Rabu, 28 April 2021 14:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Mbah War, Sang Maestro Biola Asal Kediri itu Meninggal Dunia
Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto ketika membesuk Mbah War, Jumat (9/4) lalu. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para seniman dan pegiat budaya di Kediri berduka. Mbah War (75), seorang seniman senior di Kediri telah berpulang. Kabar meninggalnya sang maestro biola bernama Warsidi ini pertama kali disampaikan oleh sahabatnya, Abah Banjaran, yang mengunggah foto Mbah War dan ucapan belasungkawa di Facebook, Rabu (27/4).

Abah Banjaran, menyampaikan bahwa Mbah War meninggal di RS Gambiran Kota Kediri, Rabu (27/4) siang, setelah menjalani perawatan karena sakit.

Yogi, sahabat Mbah War yang lain, menceritakan bahwa semalam ia masih berkirim pesan dengan Mbah War melalui WhatsApp. Menurutnya, saat itu Mbah War minta dibawakan kabel listrik untuk mengecas HP.

"Selamat jalan, Mbah. Semoga penjenengan husnul khotimah," ujar Yogi.

BACA JUGA : 

Jelang Lomba Tingkat Provinsi, Dispendik Kabupaten Kediri Gelar Seleksi Olahraga Tradisional

Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen

Datangkan Dokter Spesialis Anak, Home Care Peduli RSUD Gambiran Bantu Rujuk Pasien ke RS Dr. Soetomo

Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 Temukan Sudut Candi dan Dua Gentong

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto juga telah membesuk sang maestro biola tersebut di rumah keponakannya, Lingkungan Ngadirejo, Kecamatan Kota Kediri, Jum'at (9/4) lalu.

Bahkan, Dodi Purwanto-lah yang merayu Mbah War agar bersedia di rawat di rumah sakit. Ketika bertemu dengan Mbah War, Dodi merasa khawatir dengan kondisi kesehatan musisi senior tersebut, karena yang bersangkutan awalnya menolak untuk dibawa ke rumah sakit (RS).

Setelah mendapat kunjungan dari Ketua DPRD Kabupaten Kediri, tim medis dari Home Care Peduli RSUD Gambiran Kota Kediri langsung melakukan penjemputan kepada Mbah War guna menjalani perawatan. Namun sayang, nyawanya tak tertolong. Mbah War mengembuskan napas terakhirnya di RS. Gambiran.

Di mata Dodi Purwanto, Mbah War adalah seniman senior fenomenal. "Dia adalah sosok seniman 3 dekade. Saya mengenal beliaunya itu mulai tahun 1987, beliaunya tampil. Terus kami pernah ngopi bareng di tahun 1990 hingga sampai sekarang. Beliaunya memang dari dulu seniman musik biola," ujar pria yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri ini.

Sekadar informasi, Mbah War atau Warsidi lahir di Kediri, 9 April 1951. Mbah War adalah salah satu pendiri Kelompok Musik Allegro, yang sering tampil di acara-acara baik di gedung maupun di hotel.

Termasuk tampil ketika diundang untuk mengisi sebuah acara. Mbah War adalah seorang musisi senior yang pantang untuk mengamen di jalanan.

Semasa hidupnya, Mbah War juga pernah menjadi anggota Dewan Kesenian Kota Kediri (DK3). Almarhum termasuk orang yang cepat akrab dengan siapa pun yang baru dikenalnya. (uji/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...