Minggu, 20 Juni 2021 20:46

Bupati Gresik Santuni 1.000 Anak Yatim

Rabu, 28 April 2021 14:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Bupati Gresik Santuni 1.000 Anak Yatim
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani ketika menyerahkan santunan untuk anak yatim. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menyerahkan secara simbolis santunan kepada 1.000 anak yatim dan piatu di Masjid Al Inabah kompleks Kantor Bupati Gresik, Selasa (27/4/2021) petang.

Pemberian santunan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik ini menjadi tradisi setiap bulan suci Ramadan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Bupati Gus Yani menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat pada pemberian santunan, mulai pihak forkopimda, baznas, dan muzakki (pemberi zakat) yang telah mempercayakan zakatnya kepada Baznas Gresik.

"Khusus kepada anak-anak yatim dan keluarganya, saya berharap kalian semua selalu sehat. Saya berharap anak-anakku semuanya bisa mewujudkan cita-citanya dan menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan agama," kata bupati.

BACA JUGA : 

Hadiri Temu Kader Bara JP Gresik, Bupati Gus Yani Ajak Jadi Pelopor Prokes Covid-19

Bupati Gresik Dorong Daerah Terkait Bersinergi Tuntaskan Penanganan Kali Lamong

Pandemi Covid-19 Belum Usai, Wabup Bu Min Ajak ASN Beri Contoh Tegakkan Prokes

Sehari, Bupati Gus Yani Launching 4 Program Sekaligus

Bupati mewakili pemerintah mengaku akan berupaya selalu hadir di tengah masyarakat yang kesulitan. Kali ini, kebetulan hadir bersama Baznas Gresik. "Saya minta doa agar para anak yatim ini selalu mendokan agar kita semua yang ada di jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik selalu sehat dan tak kurang suatu apapun," ujarnya.

Adapun dari 1.000 zakat yang dikeluarkan Baznas Gresik, dibagikan di Masjid Al Inabah sebagai zona 1 kepada 369 anak, zona II sebanyak 226 anak di kantor SKB Cerme, zona III sebanyak 150 anak di Balai Desa Karangandong Kecamatan Driyorejo, dan zona IV sebanyak 255 anak di SMK Assa’adah Kecamatan Bungah yang dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah.

Pembagian zakat di 4 zona itu terkoneksi via daring.

Sementara Ketua Baznas Gresik Abdul Munif mengatakan, selain membagikan zakat kepada anak yatim, pihaknya juga memberikan insentif kepada 600 guru ngaji TPQ/TPA, 300 orang marbot, 400 orang guru swasta/honorer, 134 hafid/hafidoh, 500 dhuafa fakir/miskin, dan donasi untuk 4 lembaga pesantren serta membagikan 1500 zakat fitrah. Total seluruh santunan pada kegiatan baznas tersebut sebesar Rp 915.500.000.

"Sumber dana kegiatan tersebut berasal dari zakat infaq dan shodaqoh (ZIS) dari para muzakki, munfiq, dan musdiq di Kabupaten Gresik tahun 2021. Semoga tahun depan akan lebih banyak lagi yang bisa kami santuni," harap Abdul Munif. (hud/rev)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...