Mantapkan Penggunaan SIPD, Pemkot Kediri Ikuti Diskusi Nasional Secara Daring

Mantapkan Penggunaan SIPD, Pemkot Kediri Ikuti Diskusi Nasional Secara Daring Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit (tengah) dan beberapa pejabat Pemkot Kediri saat mengikuti diskusi nasional yang digelar APEKSI secara virtual. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pengelolaan informasi terintegrasi merupakan tujuan dari Pemerintah Indonesia. Keberadaan (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) digadang-gadang mampu untuk menjawab tantangan tersebut. Menyikapi hal tersebut, APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) menyelenggarakan dialog seputar .

Namun, mengingat ini merupakan sebuah aplikasi baru, ditemukan sejumlah kendala yang tidak jarang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya. "Ada beberapa kendala yang sedikit menghambat penggunaan ini di setiap daerah," ungkap Bima Arya Sugiarto, Ketua APEKSI, Jumat (30/4).

Menurut Bima, kendala tersebut meliputi belum maksimalnya pengoperasionalan sehingga mengakibatkan tertundanya sejumlah kegiatan. Selain itu, dijumpai banyak program lokal yang menunya tidak ditemui dalam , dan akibatnya seringkali terjadi penundaan pencairan anggaran.

"Kami berharap Kemendagri dapat memberikan pendampingan secara instensif terkait penggunaan ini. Bisa juga dengan dibentuknya gugus tugas khusus yang menangani terkait hal tersebut," ujar itu.

Selain itu, ia juga mengharapkan adanya FAQ (Frequently Asked Question) atau jawaban terhadap pertanyaan yang sering ditanyakan terkait permasalahan teknis penerapan . Tidak hanya itu, ia juga mengajak menyusun action plan bersama tentang penerapan .

Sementara itu, Ardian, Direktorat Jendral Bina Keuda, Kementerian Dalam Negeri menanggapi sejumlah keluhan-keluhan yang muncul dalam diskusi tersebut. Ia mengkonfirmasi akan memberikan pendampingan kepada daerah.

"Insya Allah pendampingan bisa kita lakukan namun mungkin untuk saat ini bisa secara virtual," ungkap Ardian.

Sementara itu, hadir dalam diskusi nasional virtual yang diikuti di Ruang Command Center Kota Kediri, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD), dan pejabat lainnya. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO