Selasa, 22 Juni 2021 02:23

Mantapkan Penggunaan SIPD, Pemkot Kediri Ikuti Diskusi Nasional Secara Daring

Jumat, 30 April 2021 22:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Mantapkan Penggunaan SIPD, Pemkot Kediri Ikuti Diskusi Nasional Secara Daring
Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit (tengah) dan beberapa pejabat Pemkot Kediri saat mengikuti diskusi nasional yang digelar APEKSI secara virtual. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pengelolaan informasi terintegrasi merupakan tujuan dari Pemerintah Indonesia. Keberadaan SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) digadang-gadang mampu untuk menjawab tantangan tersebut. Menyikapi hal tersebut, APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) menyelenggarakan dialog seputar SIPD.

Namun, mengingat ini merupakan sebuah aplikasi baru, ditemukan sejumlah kendala yang tidak jarang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya. "Ada beberapa kendala yang sedikit menghambat penggunaan SIPD ini di setiap daerah," ungkap Bima Arya Sugiarto, Ketua APEKSI, Jumat (30/4).

Menurut Bima, kendala tersebut meliputi belum maksimalnya pengoperasionalan SIPD sehingga mengakibatkan tertundanya sejumlah kegiatan. Selain itu, dijumpai banyak program lokal yang menunya tidak ditemui dalam SIPD, dan akibatnya seringkali terjadi penundaan pencairan anggaran.

"Kami berharap Kemendagri dapat memberikan pendampingan secara instensif terkait penggunaan SIPD ini. Bisa juga dengan dibentuknya gugus tugas khusus yang menangani terkait hal tersebut," ujar Wali Kota Bogor itu.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Sampaikan Tanggapan atas PA Fraksi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD

Percepat Vaksinasi Covid-19, Pemkot Kediri Sasar Masyarakat Usia 18 Tahun ke Atas

Pemkot Kediri Rujuk Pasien ODGJ di Kelurahan Ngampel ke RSJ Lawang

Laptop Baru untuk Mahasiswi Cucu Tukang Becak yang Bercita-cita Jadi Kepala Sekolah

Selain itu, ia juga mengharapkan adanya FAQ (Frequently Asked Question) atau jawaban terhadap pertanyaan yang sering ditanyakan terkait permasalahan teknis penerapan SIPD. Tidak hanya itu, ia juga mengajak menyusun action plan bersama tentang penerapan SIPD.

Sementara itu, Ardian, Direktorat Jendral Bina Keuda, Kementerian Dalam Negeri menanggapi sejumlah keluhan-keluhan yang muncul dalam diskusi tersebut. Ia mengkonfirmasi akan memberikan pendampingan kepada daerah.

"Insya Allah pendampingan bisa kita lakukan namun mungkin untuk saat ini bisa secara virtual," ungkap Ardian.

Sementara itu, hadir dalam diskusi nasional virtual yang diikuti di Ruang Command Center Kota Kediri, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD), dan pejabat lainnya. (uji/ian)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...