Ratusan Buruh Sidoarjo Peringati May Day dengan Vaksinasi Covid-19

Ratusan Buruh Sidoarjo Peringati May Day dengan Vaksinasi Covid-19

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ratusan buruh di Sidoarjo memperingati May Day dengan melakukan vaksinasi bersama di Pendopo Delta Wibawa. Ada sekitar 500 buruh Sidoarjo yang tergabung dalam SPSI, SPN, SBSI, FSPMI, dan perwakilan buruh lainnya melakukan vaksinasi Covid-19 bersama di Pendopo Delta Wibawa, Sabtu (1/5/2021).

Situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo pada peringatan May Day kali ini juga terpantau aman dan kondusif.

Seperti disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, jika sebelumnya terjalin komunikasi bersama buruh untuk mengisi May Day dengan kegiatan positif, sehingga tidak perlu menggelar aksi turun ke jalan. Kegiatan yang bersifat positif ini disepakati setelah adanya pertemuan antara Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji, dan Ketua SPSI Jawa Timur Ahmad Fauzi, dan perwakilan organisasi buruh lainnya.

"Kalau sebelumnya, tahun kemarin diperingati dengan aksi turun ke jalan, tapi tahun ini diperingati dengan vaksinasi untuk para pekerja. Jadi tidak ada yang turun ke jalan, karena memang saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19. Semua harus mematuhi protokol kesehatan, tidak boleh berkegiatan yang menimbulkan kerumunan, termasuk buruh," terang Gus Muhdlor.

Menurut Gus Muhdlor, kegiatan vaksinasi terhadap 500-an pekerja tersebut sebagai wadah komunikasi pemerintah dan para buruh. Kegiatan vaksinasi dalam rangka memperingati hari buruh sedunia itu untuk menunjukkan kepada publik bahwa buruh di Sidoarjo ikut bersama-sama peduli melawan Covid-19.

"Kegiatan ini menjadi wadah pemerintah dalam menjaga silaturahmi dan wadah komunikasi dengan para buruh di Sidoarjo. Komunikasi tidak harus dilakukan dengan resmi di kantor, ke depan kita akan lebih banyak menjalin komunikasi non formal, seperti kemarin saat buka bersama di warung," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga meminta vaksinasi kepada pekerja didahulukan, utamanya bagi mereka yang sudah lansia dan sering melakukan interaksi.

Sekadar informasi, vaksinasi 500 pekerja dibagi tiga gelombang. Pertama pagi pukul 09.00 WIB, kemudian gelombang dua pukul 11.00 WIB, dan gelombang tiga pukul 15.00 WIB. (cat/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO