Senin, 10 Mei 2021 13:51

Lima Bulan Belum Gajian, ​PPDI Jember Wadul ke Komisi A

Senin, 03 Mei 2021 19:34 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Lima Bulan Belum Gajian, ​PPDI Jember Wadul ke Komisi A
Suasana rapat dengar pendapat di Komisi A DPRD Jember, Senin (3/5/2021). (foto: ist)

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Lantaran belum menerima gaji selama bulan Januari hingga Mei 2021, Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Jember mengadukan persoalan tersebut ke Komisi A DPRD Jember.

Adanya keterlambatan pembayaran gaji ini disampaikan langsung oleh Sekretaris PPDI Jember Susanto saat dikonfirmasi usai rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi A DPRD Jember, Senin (3/5/2021).

"Kami sengaja mengadukan keterlambatan gaji ke Komisi A ,Kami ingin minta bantuan kepada anggota DPRD Jember khususnya dari komisi A yang membidanginya. Sudah 5 bulan kami tidak terima gaji, apalagi sekarang sudah mendekati hari raya," terangnya.

Dari jumlah 226 desa yang ada di Kabupaten Jember, hampir semuanya belum menerima gaji. Apalagi keterlambatan ini, sudah sering terjadi beberapa tahun sebelumnya. Agar tidak berkelanjutan, perlu dilakukan pembenahan.

BACA JUGA : 

Bupati Jember Hendy Siswanto Lantik 59 Pj Kepala Desa

Bupati Hendy akan Jadikan Edamame Bagian dari Icon Jember

Pengamat Lalin Unej: Pengalihan Arus Memecah Kepadatan Sekaligus Akibatkan Penumpukan

Gelar Apel Bersama TNI/Polri, Bupati Hendy: Nyawa Itu Tertinggi daripada Semua Hukum yang Ada

"Ya, memang terlambat keterlambatan pembayaran gaji untuk perangkat desa sudah sering terjadi di tahun-tahun sebelumnya, kalau dahulu, 3 bulan gaji baru dibayarkan dan bisa-bisa sampai 6 bulan baru dibayarkan. Kedatangan kami ke sini, kami minta solusi, agar gaji kami bisa dibayarkan tiap bulan," tuturnya.

Dia mengungkapkan bahwa selama ini gaji yang diterima tidak langsung masuk ke rekening masing-masing, maka dari itu, nantinya ada sebuah kebijakan agar gaji tersebut bisa masuk langsung ke rekening masing-masing.

"Kami minta ,agar gaji yang kami terima langsung masuk ke dalam rekening masing-masing," ungkapnya.

Dia menerangkan bahwa dampak adanya keterlambatan pembayaran gaji tersebut, pihak BPJS Kesehatan sering kali menangguhkan pelayanan kesehatan kepada perangkat desa.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni mengatakan, laporan dari PPDI ini akan ditindaklanjuti kepada Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meminta kejelasan regulasinya.

"Kami akan konsultasikan ke Bagian Hukum Pemprov Jatim dan juga berkoordinasi kepada DPRD Provinsi Jatim," ungkapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini menjelaskan, anggaran gaji tersebut masuk dalam Peraturan Bupati (Perbup) ADD 2021 yang sudah dikirimkan sejak lama dan kiranya sudah melebihi batas waktu yang ditentukan.

"Batasnya kan 15 hari kerja dan jika sudah lebih harusnya segera dieksekusi saja, termasuk urusan BPJS Kesehatan ini nantinya akan kami tindak lanjuti segera, supaya gaji perangkat desa bisa segera cair," pungkasnya. (yud/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untu...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...