PLN Gelar Kompetisi Kelistrikan Berhadiah Satu Miliar Rupiah

PLN Gelar Kompetisi Kelistrikan Berhadiah Satu Miliar Rupiah Saat ini listrik tidak hanya digunakan untuk penerangan, sekarang lebih pada lifestyle. (foto: ist)

JAKARTA, BANGSAONLINE.com menggelar kompetisi inovasi kelistrikan untuk umum dalam rangka mendorong pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari (Electrifying Lifestyle). Pendaftaran kompetisi ini dibuka hingga 24 Mei 2021, dengan total hadiah mencapai 1 miliar rupiah untuk juara dan pendanaan prototipe. 

Bertajuk ICE 2021 (Innovation & Competition in Electricity), terdapat 2 kategori yang dikompetisikan, yaitu kendaraan listrik dan nonkendaraan listrik. Untuk kategori kendaraan listrik terdapat 4 subkategori yaitu subkategori mobil listrik, subkategori motor listrik, subkategori sepeda listrik, dan subkategori kendaraan listrik roda tiga. Sementara untuk kategori nonkendaraan listrik terdapat 2 subkategori yaitu subkategori peralatan listrik dan subkategori program bisnis.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini gaya hidup masyarakat mulai beralih dengan menggunakan peralatan elektrik atau elektronik. Melalui ICE, kami mendorong inovasi anak bangsa untuk menghadirkan teknologi-teknologi di sektor kelistrikan yang dapat digunakan untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat," tutur Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR Agung Murdifi.

ICE 2021 dimulai pengumpulan proposal pada 27 Maret sampai 24 Mei 2021. Selanjutnya presentasi peserta terpilih pada 14 hingga 16 Juni. Selanjutnya pengumuman juara desain mobil. Nominasi desain terbaik (selain kategori mobil) dan program bisnis terbaik pada 18 Juni.

Pada 21 Juni hingga 31 Agustus, yakni pembuatan prototipe dan implementasi program bisnis. Kemudian pada 1 sampai 30 September, dilakukan uji coba dan seleksi prototipe. Puncaknya pada 21 Oktober, yakni pengumuman juara prototipe.

ICE ini merupakan program tahunan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Listrik Nasional dan dapat diikuti oleh mahasiswa aktif (D3 hingga S2) serta masyarakat umum. Dalam kegiatan ini peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran.

“Menuju 76 tahun menerangi Nusantara, kami secara terbuka mengajak kepada para mahasiswa dan masyarakat umum untuk dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (mid/diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO