Pemkot Kediri Lakukan Perpanjangan Pencairan Bantuan Sahabat

Pemkot Kediri Lakukan Perpanjangan Pencairan Bantuan Sahabat Petugas saat melayani warga yang mengambil bantuan sosial sahabat. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya bantuan sosial sahabat (santunan bencana tunai) tahun 2021 dari Pemerintah kembali disalurkan. Namun, dalam pembagian yang dilakukan pada tanggal 5 Mei 2021 lalu, masih ada yang belum sempat mencairkan bantuan.

Hal disebabkan adanya perbedaan mekanisme penyaluran bantuan dibanding tahun sebelumnya. Bantuan sahabat tahun ini diterimakan dalam bentuk tunai langsung kepada yang bersangkutan, senilai Rp. 200.000,-.

“Besarannya sama. Namun bedanya, kalau dulu lewat rekening, kalau sekarang langsung diterimakan dalam bentuk tunai,” terang Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial , Rabu (19/5) kemarin.

Bagi yang belum sempat mencairkan bantuan tersebut pada 5 Mei lalu, Pemerintah memberikan kesempatan untuk melakukan pencairan susulan. “Pengambilan ini merupakan yang tersisa dari pembagian sebelumnya yang belum sempat diambil, masih diberi kesempatan hari ini,” imbuh Kutut.

Ia mengatakan, ada 2.262 bantuan yang belum dicairkan dari total 25.268 penerima bantuan. “Kami berharap bantuan ini bisa segera dimanfaatkan dan digunakan, jadi harus segera dicairkan,” ujarnya.

Hal ini dilakukan guna memacu dan menstimulasi laju perekonomian di , sehingga perputaran ekonomi tetap terjaga meskipun ditengah pandemi Covid-19 ini.

Namun, jika pada pencairan pertama ini tidak diambil, maka yang bersangkutan tetap akan masuk kuota sebagai penerima di putaran kedua. Sebab bantuan bahabat ini diterimakan sebanyak dua kali dalam setahun.

“Tahap kedua tetap akan menerima, namun yang pertama sudah tidak bisa dicairkan lagi, jadi akhirnya setahun cuma dapat satu kali bantuan sahabat saja, sebab tahap 1 tidak diambil,” jelas Kutut.

Kutut juga menegaskan bahwa bantuan ini bersifat tunai dan harus dicairkan langsung oleh penerimanya. Jikalau diwakilkan harus menyertakan surat kuasa dari yang bersangkutan. “Jadi tidak bisa ditransfer ya, untuk bantuan sahabat tahun ini sifatnya tunai,” tegas Kutut.

Sementara itu, Dinas Sosial telah membagi jadwal pengambilan kartu sahabat susulan. Pengambilan dilakukan di tiga lokasi berbeda sesuai dengan kecamatan masing-masing. Kecamatan Pesantren pengambilan dilakukan di kantor Dinas Sosial, Kecamatan Mojoroto di Kelurahan Ngampel, dan Kecamatan Kota di Kelurahan Setonopande. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO