Wujudkan Kota Religi, Bupati Hendy Siapkan Jember Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Jatim/Nasional

Wujudkan Kota Religi, Bupati Hendy Siapkan Jember Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Jatim/Nasional Bupati Hendy Siswanto memberikan keterangan usai pertemuan dengan para Hakim Juri MTQ di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis (27/5).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat daerah hingga nasional. Tujuannya adalah untuk mengagungkan Alqur'an. Pada festival itu, peserta berlomba mengaji Alqur'an dengan menggunakan qira'at.

Tahun ini (2021), Bupati Hendy bersama Wabup Gus Firjoun akan mengupayakan festival tersebut digelar di . Hal itu ia ungkapkan saat menggelar pertemuan bersama para Hakim Juri MTQ dalam rangka menyamakan persepsi, dalam persiapan festival tersebut, Kamis (27/5) di Pendopo Wahyawibawagraha.

"Agar acara-acara keagaman tetap lestari, maka tahun ini Kabupaten kita mulai lagi MTQ dan hari ini kita kumpulkan hakim juri dalam rangka menyamakan persepsi, tentu dengan niat yang sama tujuan kita untuk MTQ," katanya.

"Kita akan upayakan MTQ di provinsi kita adakan di . Kita upayakan hal itu bersama Gus Firjoun untuk meyakinkan bahwa siap menjadi tuan rumah bagi MTQ tingkat provinsi maupun nasional," ujarnya.

Hendy berharap, kegiatan MTQ itu bukan hanya lomba qira'at saja, namun lebih dari itu, dirinya mengharapkan dari MTQ tersebut dapat lahir generasi yang berahklak dan beriman.

"Kami berharap MTQ ini bukan hanya sekadar menilai anak-anak kita membuat suara yang bagus dan membaca Alqur'an yang baik, namun lebih dari itu terhadap anak untuk meningkatkan ahklaknya. Nah, iman dan akhlak ini akan menjadi bekal bagi anak-anak kita sebagai penerus bangsa," tambahnya

Hendy menilai bahwa mempunyi potensi besar untuk dijadikan kota religi. "Masjid kita ada sekian ribu, dan pondok juga ada ratusan di , itu adalah potensi besar untuk menjadi cikal bakal sebagai kota religi," pungkasnya. (yud/eko/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO