Tiga Jam Lumpur Keluar di Areal Sawah Desa Sukorejo Bungah, DLH Diharap Turun Tangan

Tiga Jam Lumpur Keluar di Areal Sawah Desa Sukorejo Bungah, DLH Diharap Turun Tangan Lukman saat melihat lumpur yang keluar dari areal sawah yang dikerjakannya. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fenomena alam keluarnya lumpur terjadi di areal persawahan Desa Sukorejo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Sabtu (29/5/2021).

Keluarnya lumpur tersebut lalu dilaporkan oleh Lukman, pengelola sawah milik Desa Sukorejo kepada Kepala Desa (Kades) Sukorejo Muslikh.

Menurut Muslikh, dirinya mendapat laporan kejadian tersebut pada Sabtu (29/5/2021), sekitar pukul 13.00 WIB. Ia pun kemudian bergegas menuju lokasi yang dimaksud. "Jadi, setelah mendapat laporan ada lumpur keluar di sebelah selatan sawah, dan juga keluar di galengan (pematang sawah), sekitar jam 9 pagi pada saat ada aktivitas petani mencabut bibit padi. Sesampainya di lokasi, saya lihat bekas lumpur namun sudah tidak keluar lagi," ungkap Muslikh, Minggu (30/5/2021).

Ia menganggap kejadian itu fenomena alam biasa, karena lumpur sudah tak keluar lagi dan tak ada dampak negatif. "Mungkin saja di sekitar itu banyak rumah yuyu (kepiting kecil yang biasa hidup di sawah). Makanya, saya tidak membuat laporan ke pihak-pihak terkait," jelasnya.

Muslikh mengaku sempat menyesalkan adanya kabar yang sempat beredar di media sosial (medsos) soal kabar lumpur tersebut yang terlalu dibesar-besarkan, sehingga membuat panik warga.

Simak berita selengkapnya ...