Kamis, 17 Juni 2021 15:53

Tiga Jam Lumpur Keluar di Areal Sawah Desa Sukorejo Bungah, DLH Diharap Turun Tangan

Minggu, 30 Mei 2021 20:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Tiga Jam Lumpur Keluar di Areal Sawah Desa Sukorejo Bungah, DLH Diharap Turun Tangan
Lukman saat melihat lumpur yang keluar dari areal sawah yang dikerjakannya. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fenomena alam keluarnya lumpur terjadi di areal persawahan Desa Sukorejo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Sabtu (29/5/2021).

Keluarnya lumpur tersebut lalu dilaporkan oleh Lukman, pengelola sawah milik Desa Sukorejo kepada Kepala Desa (Kades) Sukorejo Muslikh.

Menurut Muslikh, dirinya mendapat laporan kejadian tersebut pada Sabtu (29/5/2021), sekitar pukul 13.00 WIB. Ia pun kemudian bergegas menuju lokasi yang dimaksud. "Jadi, setelah mendapat laporan ada lumpur keluar di sebelah selatan sawah, dan juga keluar di galengan (pematang sawah), sekitar jam 9 pagi pada saat ada aktivitas petani mencabut bibit padi. Sesampainya di lokasi, saya lihat bekas lumpur namun sudah tidak keluar lagi," ungkap Muslikh, Minggu (30/5/2021).

Ia menganggap kejadian itu fenomena alam biasa, karena lumpur sudah tak keluar lagi dan tak ada dampak negatif. "Mungkin saja di sekitar itu banyak rumah yuyu (kepiting kecil yang biasa hidup di sawah). Makanya, saya tidak membuat laporan ke pihak-pihak terkait," jelasnya.

BACA JUGA : 

Sehari, Bupati Gus Yani Launching 4 Program Sekaligus

Update Covid-19 di Gresik: Positif Tambah 7 Orang, Sembuh 4

Polres Gresik dan Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Ledakan Tangki PT CAS yang Tewaskan 5 Pekerja

Besok, Insentif 24.404 Guru Ngaji dan Marbut di Gresik Cair

Muslikh mengaku sempat menyesalkan adanya kabar yang sempat beredar di media sosial (medsos) soal kabar lumpur tersebut yang terlalu dibesar-besarkan, sehingga membuat panik warga.

"Informasi yang beredar terlalu dibesar-besarkan. Untuk itu, saya minta masyarakat khususnya warga Desa Sukorejo tidak perlu panik karena sejak pukul 13.30 WIB saat saya meninjau lokasi sudah tidak ada lumpur yang keluar," ungkapnya.

"Adanya lumpur juga tidak membuat tanaman di sekitar yang terkena mati atau layu. Juga tidak tercium bau gas atau sejenisnya di sekitar lubang tempat lumpur keluar," sambungnya.

Sekadar diketahui, sawah milik Desa Sukorejo seluas 9.000 meter tersebut ditanami padi dan dikelola oleh Lukman, warga setempat. Selain di areal sawah tersebut, bekas lumpur juga tampak di sawah milik Kamil, tepatnya di sisi selatan.

Hingga kini, fenomena munculnya lumpur itu masih menjadi tanda tanya. Apalagi jenis lumpur yang keluar berbeda dengan lumpur pada umumnya. Tidak lengket seperti lumpur sawah. Melainkan mirip mainan anak-anak malam, atau jell.

Diharapkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik bisa meneliti keluarnya lumpur tersebut. (hud/ian)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...