PPP Jatim Gelar Muswil dengan Sistem AHWA

PPP Jatim Gelar Muswil dengan Sistem AHWA DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IX pada 31 Mei - 1 Juni 2021.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPW Partai Persatuan Pembangunan () Jawa Timur menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IX pada 31 Mei - 1 Juni 2021. Salah satu agenda utama Muswil itu adalah pemilihan Ketua DPW Jatim periode 2021-2026.

Ketua Panitia Muswil Jatim, Abdul Rasyid mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan seluruh materi maupun ketentuan muswil agar berlangsung lancar. Agenda muswil ada 8 jadwal sidang paripurna acara dan termasuk tertib, laporan pertanggungjawaban DPW , PO Pemandangan Umum DPC se-Jatim atas LPJ, hingga pemilihan Ketua DPW Jatim.

“Paripurna ke-6 agendanya adalah pembahasan tata tertib cara pemilihan formatur sesuai dengan PO Partai yang rujukannya AD/ART ketetapan Muktamar ke IX,” jelas Rasyid, Minggu (30/5/2021).

Rasyid mengungkapkan, pemilihan ketua DPW menggunakan sistem formatur atau Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) yang berarti orang yang dapat memutuskan dan mengikat. Ahlul Halli Wal Aqdi adalah orang-orang yang bertugas memilih pemimpin lewat jalan musyawarah kemudian mengajukannya kepada seluruh peserta muswil untuk ditetapkan.

“Ahlul Halli Wal Aqdi terdiri dari 7 unsur, 1 dari DPP, 1 dari DPW, 5 DPC. Formatur DPW diwakili Pak Musyafak (Ketua). Kemudian formatur menyusun pengurus harian dan dan majelis dalam waktu 20 hari. Ketua DPW ditetapkan oleh formatur ini,” kata Rasyid yang juga Wakil Ketua DPW Jatim ini.

Muswil nanti, lanjut Rasyid, juga memberlakukan ketentuan untuk tidak melanggar protokol kesehatan karena digelar di saat pandemi Covid-19.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO