Kamis, 17 Juni 2021 16:09

Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus

Kamis, 10 Juni 2021 23:38 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus
Wamendag Jerry Sambuaga didampingi Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Disperidag Jatim, dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, memberangkatkan 10 kontainer produk ekspor PT Sun Paper Source, Kamis (10/6) sore.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia Jerry Sambuaga didampingi Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur, dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, memberangkatkan 10 kontainer produk ekspor PT Sun Paper Source, Kamis (10/6) sore. PT Sun Paper Source merupakan pabrik tisu terbesar ke-2 di Asia Tenggara, yang berada di Kecamatan Ngoro.

Wamendag pada acara itu mengatakan, nilai ekspor Indonesia mengalami kenaikan yang cukup baik, meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

“Neraca perdagangan Indonesia per April 2021, mengalami surplus cukup besar. Ini adalah hal yang baik, meski kita dalam masa pandemi Covid-19. Sampai saat ini kita sudah melakukan 23 perjanjian dagang seluruh dunia. Pada hari ini berjalan, kita akan menyelesaikan 12 perjanjian,” kata Wamendag Jerry.

Selain itu, wamendag juga mengatakan bahwa saat ini, Kementerian Perdagangan tengah mendorong program percepatan implementasi sistem resi gudang (SRG). Hal ini diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan perdagangan.

BACA JUGA : 

Wagub Jatim Emil Dardak: AMSI Bisa Jadi Sumber Big Data Terbesar

Disperta Mojokerto dan Balitbangtan Kementan Tanam Padi Demfarm 5 Varietas Unggul Pakai Metode Jarwo

Bupati Gus Muhdlor Apresiasi Ekspor Perdana Keripik Bolu Ketan ke Turki

Tinjau Resi Gudang di Tuban, Wamendag: Masih Banyak SRG yang Belum Optimal

“SRG dapat menjadi sebuah instrumen yang memberikan manfaat berupa sarana pembiayaan serta sarana tunda jual untuk kelancaran perdagangan komoditas. SRG sangat berhubungan dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan. Maka, kami minta semua pemangku kepentingan mulai pemda/pemkab/pemkot, asosiasi, dan pelaku usaha untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan SRG,” tambah Jerry.

Sedangkan Wagub Emil Elestianto Dardak, pada sambutan arahannya menyebut salah satu faktor penting dalam mendukung kehidupan perekonomian perdagangan adalah konektivitas. “Perdagangan dan ekonomi bisa lancar, kalau konektivitasnya juga baik. Ini adalah tugas kami di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, agar bisa mewadahi itu semua,” kata Emil.

Usai kegiatan ini, Bupati Ikfina Fahmawati mendampingi Wamendag Jerry melakukan sidak harga barang kebutuhan pokok di Pasar Legi Mojosari. (yep/ian) 

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...