Selasa, 27 Juli 2021 15:19

Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen

Selasa, 15 Juni 2021 19:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen
Ani Chasanah alias Anang Sutomo (kanan pakai kopiah) didampingi pengacaranya, Luka Fardani (kiri) dan Danan Prabandaru (tengah). foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ani Chasanah (21), warga Dusun Tunggul, Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri selama ini merasa bahwa dirinya adalah laki-laki tulen.

Untuk menegaskan kalau dirinya laki-laki, ia mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri untuk menetapkan dirinya menjadi laki-laki.

Luka Fardani, S.H., M.H., Penasihat Hukum Ani Chasanah mengatakan bahwa saat dilahirkan, Ani sebenarnya memiliki penis, tapi tidak sempurna. Sehingga orang tua Ani menganggap jika Ani adalah perempuan.

"Pada saat lahir, genital bayi Ani tidak sempurna. Penis yang terlihat tidak seperti pada umumnya. Akhirnya orang tua menjadikan si anak ini sebagai perempuan. Namun hingga seiring waktu, Ani tidak mengalami hal seperti wanita umumnya. Dia tidak mengalami menstruasi dan lebih senang bergaul dengan laki-laki dibanding perempuan," kata Luka.

BACA JUGA : 

Segera Dirikan RSDS, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi di Bekas Kantor Dispertabun

Tinjau Tempat Isolasi Terpadu di Gedung SKB Kediri, Mas Dhito Akan Siapkan 2 Rumah Sakit Darurat

Kolaborasi Aksi, Pemdes Gurah dan Relawan Nasdem Kediri Gelar Penyemprotan Disinfektan Door to Door

Songsong Pilpres 2024, PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Siap Amankan Rekom DPP

Menurut Luka, kondisi Ani diketahui orang tuanya justu dari pemberitahuan pihak sekolah. Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, diketahui jika Ani memiliki kromosom 46, XY.

"Kromosom ini murni laki-laki, sehingga Ani sah adalah laki-laki dan bukan perempuan seperti yang diduga selama ini," imbuh Luka.

Sementara itu, kepada wartawan usai mengikuti sidang perdana di PN Kabupaten Kediri, Ani mengaku sejak duduk di bangku SMP, dirinya sudah merasakan jadi laki-laki.

"Sejak SMP saya sudah senang bergaul dengan teman laki-laki, karena saya memang merasa laki-laki," kata Ani Chasanah yang sudah menyiapkan nama laki-lakinya, Anang Sutomo itu.

Ani alias Anang mengaku sekarang sudah lega dengan kejelasan status yang dimilikinya. Dirinya benar-benar laki-laki tulen dengan nama Anang Sutomo.

"Dulu sering dinyinyiri teman-teman cewek. Dibilang perempuan kok senangnya main sama cowok-cowok. Mereka selalu memandang aneh saya," ucapnya.

Setelah dinyatakan oleh dokter sebagai laki-laki, Anang kini fokus untuk menata hidupnya. Laki-laki ini sekarang bekerja di bengkel sepeda motor yang memang identik dengan dunia laki-laki. (uji/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...