Kamis, 29 Juli 2021 13:12

Wali Kota Kediri Ajak Forkopimda Sinergi Tekan Penyebaran Covid-19

Jumat, 18 Juni 2021 20:23 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Wali Kota Kediri Ajak Forkopimda Sinergi Tekan Penyebaran Covid-19
Dari kiri: Mantan Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo dan istri, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi dan istri, serta Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak Forkopimda Kota Kediri untuk terus bersinergi dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kota Kediri dan sekitarnya. Apalagi saat ini lonjakan kasus Covid-19 terjadi di berbagai daerah dan masuknya varian baru Covid-19 di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Kediri dalam acara Silaturahmi Forkopimda Kota dan Kabupaten Kediri, di Ruang Rupatama Polres Kediri Kota, Jumat (18/6/2021).

Wali kota menjelaskan, kondisi saat ini penyebaran Covid-19 di Kota Kediri cukup terkendali. Penyebaran Covid-19 di Kota Kediri berada di urutan paling bawah di Jawa Timur. Bahkan, rate of transmission (Rt) Kota Kediri termasuk rendah yakni di bawah satu.

Terkendalinya penyebaran Covid-19 di Kota Kediri tersebut, menurut wali kota, berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Kota Kediri dan Forkopimda Kota Kediri. Seperti penegakan disiplin protokol kesehatan di kafe atau tempat nongkrong dan menekan potensi kerumunan.

BACA JUGA : 

Seluruh OPD Kota Kediri Dikerahkan Bantu Salurkan Paket Sembako

Ringankan Beban Masyarakat, Polres Kediri Bagikan Sembako untuk Warga Pinggiran Eks Lokalisasi

Pastikan Bantuan Sampai di Tangan, Bupati Kediri Datangi Rumah Warga Isoman Pakai Vespa

Wali Kota Kediri Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk 21.998 KPM

"Ya ini tugas kita bersama untuk melakukan secara terus-menerus. Terima kasih atas kerja samanya. Covid-19 di Kota Kediri cukup landai dan bahkan kita masuk dalam salah satu daerah yang penyebarannya rendah. Ini menjadi atensi Ibu Gubernur Jawa Timur," ujar wali kota.

Meskipun penyebaran Covid-19 di Kota Kediri cukup terkendali, lanjut wali kota, ia tetap mengingatkan jangan sampai semua pihak lengah. Ketersediaan ruangan di rumah sakit harus terus dijaga. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah menggerakkan perekonomian.

"Perintah dari Bapak Presiden yang harus kita garis bawahi adalah bagaimana kita mengendalikan Covid-19, namun perekonomian juga tumbuh. Nah ini tantangan kita. Saya harap ke depan, ini bisa jadi patokan kita bersama dan kita bisa terus mengendalikan Covid-19. Mudah-mudahan lebih baik lagi kerja sama dan koordinasi serta lainnya," pungkas Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Dalam acara silaturahmi ini juga diperkenalkan AKBP Wahyudi sebagai Kapolres Kediri Kota yang baru menggantikan AKBP Eko Prasetyo, sedangkan AKBP Eko Prasetyo kini bertugas sebagai Kapolres Klaten.

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi menyatakan siap bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Kediri. Serta mendukung segala kebijakan pemerintah daerah mengenai penanganan Covid-19.

"Saya di sini mohon izin sebagai warga baru kiranya bisa diterima dalam melaksanakan dinas dalam menjaga stabilitas keamanan dan juga masalah Covid-19. Mohon dukungannya karena tanpa dukungan sangat susah dan berat melewati semua ini," kata AKBP Wahyudi.

Menurut AKBP Wahyudi, ia melihat dinamika Covid-19 ini amat mengkhawatirkan bila melihat banyak varian baru. Apalagi jenis varian delta di mana tingkat penyebarannya begitu cepat.

"Jadi sekali lagi saya mohon bantuan dan dukungannya. Mudah-mudahan kita bisa melalui masalah ini dengan baik," ungkap AKBP Wahyudi yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Jatim.

Sementara itu, AKBP Eko Prasetyo memberikan apresiasi yang luar biasa atas kerja keras Wali Kota Kediri bersama forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dalam menangani Covid-19 yang masih berlangsung.

Menurut AKBP Eko, keguyubrukunan di Kota Kediri begitu luar biasa. "Alhamdulillah atas kerja keras semuanya sampai detik ini, bisa menekan untuk penyebaran Covid-19 di Kota Kediri, berada di ranking paling bawah. Lainnya sudah merah tinggal empat daerah yang terendah salah satunya Kota Kediri," ujarnya.

"Ini berkat kerja keras Pak Wali Kota. Kami mendoakan semua diberi kesehatan dan ke depan di bawah kepemimpinan Bapak Kapolres yang baru Insya Allah bisa memberikan yang terbaik untuk Kota Kediri. Kami mohon pamit apabila kami ada salah serta tutur kata ataupun perbuatan yang kurang berkenan kami mohon maaf," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Forkopimda Kota dan Kabupaten Kediri, Ketua PCNU Kota Kediri Gus Ab, dan pejabat di lingkungan Polres Kediri Kota. (uji/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...