Cegah Covid-19, Begini Tips Instruktur Fitness ​Soal Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Cegah Covid-19, Begini Tips Instruktur Fitness ​Soal Meningkatkan Sistem Imun Tubuh M. Iksan, Instruktur Fitness dan Aerobic Antares. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama pandemi virus corona atau Covid-19, sangat penting menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga rutin. Pasalnya, olahraga merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

"Salah satu faktor yang paling utama dalam mencegah Covid-19 adalah dengan meningkatkan imun tubuh. Indikator untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan berolahraga rutin," tegas M. Iksan, Instruktur Fitness dan Aerobic Antares, Minggu (4/7/2021).

"Salah satunya adalah olahraga s. Mengapa s? Karena dalam olahraga ini semua otot akan dilatih, baik otot cardio dan otot yang terbentuk dalam tubuh. Contoh otot cardio dilatih dengan treadmill dan lain-lain yang tujuannya untuk melatih otot paru-paru dan jantung. Lalu otot dada, otot punggung," papar pria yang sudah 10 tahun menjadi instruktur tersebut.

Sayangnya, menurut Iksan, tempat kebugaran banyak yang masih tutup dan sebagian yang buka setengah hari sejak diterapkan PPKM darurat akibat semakin merebaknya Covid-19. Namun, menurutnya mengolah tubuh agar bisa sehat, imun kuat, juga bisa dilakukan di rumah dengan rutin agar tetap sehat dan bugar.

"Namun apa pun itu, dalam situasi pandemi Covid-19, kesehatan menjadi hal paling penting. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kebugaran tubuh tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan sekaligus dengan membiasakan diri untuk berolahraga agar tubuh tetap fit," sambung pria yang juga guru itu.

"Berolahraga di luar ruangan pun kini menjadi alternatif yang paling digemari, selama tidak dalam kerumunan. Banyak ahli yang mengatakan bahwa sinar matahari sangat baik untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Sebab, sinar matahari tentunya bisa memberikan tubuh asupan vitamin D yang cukup, dan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas agar lebih efektif menangkal infeksi," pungkasnya. (nf/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO