Putus Mata Rantai Sebaran Corona, Satgas Covid-19 Tuban Siap Pindahkan Warga Isoman ke Isoter

Putus Mata Rantai Sebaran Corona, Satgas Covid-19 Tuban Siap Pindahkan Warga Isoman ke Isoter Dandim Tuban saat memimpin apel gabungan di Makodim 0811 Tuban, Rabu (18/8/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban Bakal melakukan penjemputan warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) ke lokasi isolasi terpusat (isoter) yang telah disediakan. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Tuban.

Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Viliala Romadhon menjelaskan, pemindahan warga yang menjalani isoman merupakan tindak lanjut dari arahan Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan.

Selain itu, dengan pelaksanaan isoter dapat memudahkan satgas Covid-19 dalam pemantauan dan memberikan penanganan lebih baik, sehingga angka kesembuhan dari Covid-19 semakin meningkat.

"Hari ini satgas Covid-19 langsung melakukan penjemputan warga yang sedang menjalani isoman dan dipindahkan ke lokasi isoter yang telah disediakan," ujar Dandim Tuban saat memimpin apel gabungan di Makodim 0811 Tuban, Rabu (18/8/2021).

Dandim Viliala menambahkan, upaya tracing dan testing juga terus digencarkan, sehingga ketika terdapat warga yang terpapar, segera dilakukan tracing dan testing. Apabila hasilnya positif Covid-19, langsung dibawa ke lokasi isoter, meskipun warga tersebut statusnya OTG (Orang Tanpa Gejala).

"Perlu ditekankan juga yang terpenting para petugas sebagai garda terdepan untuk mengedukasi warga masyarakat pentingnya isoter. Petugas harus santun dan humanis saat menjemput warga, supaya tidak menimbulkan konflik. Jangan sampai psikis mereka tertekan," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...