Gubernur Khofifah Terima Bantuan 31 Ton Oksigen Cair dari Petrokimia Gresik dan Satgas BUMN Jatim

Gubernur Khofifah Terima Bantuan 31 Ton Oksigen Cair dari Petrokimia Gresik dan Satgas BUMN Jatim Gubernur Khofifah dan Dirut PG Dwi Satriyo Annurogo bersama para perwakilan perusahan Satgas BUMN Jatim saat penyerahan oksigen cair di areal pabrik oksigen Petrokimia. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com bersama Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur (Jatim) kembali memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) oksigen cair sebanyak 31 ton.

Sabtu (30/8/2021), penyerahan bantuan itu dilakukan oleh Ketua Satgas BUMN Jatim yang juga Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo, kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Unit Produksi Oksigen – Air Separation Plant (ASP) .

Juga hadir anggota satgas lainnya, yakni direktur/pimpinan perusahaan dari PTPN XII, PTPN X, PT BNI, PT INKA, PT KAI, PT Kimia Farma, PT Pelindo III, Perum Jasa Tirta I, Rumah BUMN, PT Bank Mandiri, PT Semen Indonesia, PT Telkom Indonesia dan PT Garam.

Pada kesempatan ini, Gubernur Khofifah juga melakukan tinjauan langsung ke Unit Produksi Oksigen Air Separation Plant (ASP) dan pengisian oksigen.

Dwi Satriyo menyatakan bahwa bantuan oksigen cair ini merupakan produk dari Unit Produksi Oksigen yang sudah berhenti beroperasi selama sebelas tahun dan baru saja diaktifkan kembali pada 15 Agustus 2021 lalu.

Di mana, reaktivasi ini merupakan tindak lanjut arahan Menteri BUMN Erick Thohir, agar BUMN berperan aktif dalam membantu pemerintah memenuhi kebutuhan oksigen medis yang saat ini menjadi prioritas. "Reaktivasi Unit Produksi Oksigen ini sekaligus menjadi wujud optimalisasi peran sebagai Koordinator Satgas BUMN Wilayah Jatim," kata Dwi Satriyo.

Dikatakan, bersama Satgas BUMN Wilayah Jatim senantiasa berkolaborasi dengan Pemprov Jatim dalam proses penyaluran oksigen medis ke berbagai rumah sakit yang membutuhkan untuk penanganan pasien Covid-19. Hal itu untuk mendukung program pelayanan oksigen gratis oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim di beberapa daerah sebagai upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Jatim/

Per tanggal 29 Agustus 2021, total bantuan oksigen medis yang telah disalurkan Satgas BUMN Wilayah Jatim sekitar 71,35 ton untuk sejumlah rumah sakit di Jatim. Sedangkan sendiri telah menyalurkan 109,22 ton oksigen medis untuk 30 rumah sakit di 17 kabupaten/kota yang tersebar di empat provinsi yakni Jatim, Jateng, DIY, dan Bali.

Simak berita selengkapnya ...