Raih Medali Emas Internasional, Lilin Aromaterapi Milik Siswa SMPN 2 Lamongan Siap Dipatenkan Bupati

Raih Medali Emas Internasional, Lilin Aromaterapi Milik Siswa SMPN 2 Lamongan Siap Dipatenkan Bupati Muhammad Haryo Wibowo Mukti didampingi Kepala SMPN 2 Lamongan Yayuk Setya Rahayu, usai melakukan audiensi dengan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pandemi bukan merupakan hambatan bagi salah seorang putra daerah Kabupaten , Muhammad Haryo Wibowo Mukti.

Justru sebaliknya, dampak pandemi membuat siswa Kelas 8 SMPN 2 ini memiliki banyak waktu untuk bermedia sosial secara positif. Dari situ, ia banyak mengetahui event-event di berbagai negara. Ia berhasil menjuarai kejuaraan internasional melalui lilin aromaterapi karyanya.

Didampingi Kepala SMPN 2 Yayuk Setya Rahayu, Haryo melakukan audiensi dengan Bupati Yuhronur Efendi, di Ruang Kerja Bupati, Rabu (1/9).

Haryo mengungkapkan bahwa ide membuat lilin aromaterapi berbahan dasar kulit jeruk nipis, bunga kenanga, dan daun sereh ini terinspirasi dari banyaknya limbah jeruk yang banyak ditemui di yang terkenal sebagai Kota Soto tersebut.

Untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas hasil kreativitas intelektual putra daerahnya, Yuhronur mendukung penuh rencana untuk mematenkannya dengan memfasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan .

"Ini ada rencana untuk dipatenkan hak kekayaan intelektualnya. Akan kami bantu fasilitasi melalui disperindag, agar nanti juga bisa diproduksi untuk kemudian diperjualkan," terang Yuhronur.

Melalui inovasi kreatifnya menciptakan lilin aromaterapi berbahan dasar jeruk nipis, Haryo berhasil memperoleh medali emas internasional kejuaraan OCIIP (Organization for Creativity, Innovation and Invention Promotion) World IP (Intellectual Property) Fair 2021, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia pada 26 April 2021.

OCIIP sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mempromosikan dan mendukung kecerdasan kreatif, inovasi, dan penemuan yang diselenggarakan di Nigeria.

Berhasil mengalahkan 24 negara dan membawa pulang medali emas pada event yang diselenggarakan secara online ini, Haryo sebelumnya juga pernah berhasil memperoleh medali perunggu dan perak.

Yuhronur berharap ke depannya akan lebih banyak putra dan putri yang dapat pula berpartisipasi dalam event-even tbesar internasional serta mampu menambah perolehan medali untuk Kabupaten . (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO