Buka 8th KUKM Expo Hybrid 2021, Khofifah: Momen Kebangkitan Ekonomi Jatim, Perkuat Kontribusi KUMKM

Buka 8th KUKM Expo Hybrid 2021, Khofifah: Momen Kebangkitan Ekonomi Jatim, Perkuat Kontribusi KUMKM Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka 8th Koperasi dan UKM (K-UKM) Expo Hybrid 2021 bertajuk Bela & Beli Produk Lokal di Atrium Grand City Mall Surabaya, Rabu (15/9) kemarin.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) terus menggerakan ekonomi rakyat untuk kembali tumbuh dan bergerak untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satunya yaitu dengan menggerakkan sektor koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Koperasi dan UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Jatim. Kontribusi terhadap PDRB Jatim pada Triwulan II tahun 2021 mencapai 57,25 persen. Sehingga kebangkitan perekonomian Jatim setelah makin melandainya penyebaran Covid-19 bisa dimulai dari koperasi dan UMKM.

Guna memperkuat kebangkitan perekonomian tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka 8th Koperasi dan UKM (K-UKM) Expo Hybrid 2021 bertajuk Bela & Beli Produk Lokal di Atrium Grand City Mall Surabaya, Rabu (15/9) kemarin.

Pameran K-UKM Expo 2021 merupakan agenda tahunan yang sudah terselenggara ke-8 kalinya, kembali hadir secara hybrid dalam rangka mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan kebangkitan ekonomi nasional melalui promosi dan kolaborasi antara koperasi dan UMKM sebagai ujung tombak ekonomi kerakyatan.

Acara expo yang merupakan rangkaian Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur ini dilaksanakan secara hybrid, artinya berlangsung secara offline dan online. Tahun ini sebanyak 90 unit stan ikut menyemarakkan K-UKM Expo 2021 tersebut.

Turut menghadiri secara online, Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin Elestianto Dardak, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Kepala OJK Kantor Regional IV Jatim, Ketua Kadin Jatim, Dirut Bank Jatim, Dirut Bank , Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, serta Rektor UIN Malang.

Sementara hadir via daring/online antara lain, Pimpinan Perbankan se-Jatim, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota se-Jatim, Gerakan Koperasi se-Jatim, Asosiasi dan Komunitas Jatim, Rektor Universitas se-Jatim, serta Asosiasi dan Pelaku Koperasi dan UMKM se-Jatim.

Juga diaspora dari Australia, Eropa yang diwakili diaspora Jerman, Asia diwakili diaspora Hongkong, Timur Tengah diwakili diaspora Saudi Arabia, dan diaspora dari Amerika Serikat berkesempatan hadir secara langsung.

(Gubernur Khofifah melakukan penandatanganan MoU dengan beberapa pihak)

Prosesi pembukaan diawali dengan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, penampilan tari khas Jatim Tari Geleng Ro’om, penyerahan pencairan kredit kepada masing-masing satu UMKM dari setiap lembaga jasa keuangan yang disaksikan Gubernur Khofifah.

Selanjutnya juga dilakukan beberapa MoU, di arantanya MoU Gubernur Jatim dengan Shopee Indonesia perihal Kampus KUKM Ekspor, MoU Gubernur Jatim dengan Koordinator Diaspora pada 5 Benua dalam hal ini dilakukan dengan Koordinator Diaspora 5 Benua (Amerika), serta MoU Gubernur Jatim dengan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penandatanganan Kerja Sama (PKS) juga dilakukan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan UIN Malik Ibrahim Malang yang disaksikan oleh Gubernur Jatim.

Sebelumnya juga dilakukan peninjauan stan vaksinasi bagi para pelaku UKM yang disiapkan sebanyak 500 dosis vaksin di lantai 1 Grand City Mall Surabaya. Vaksinasi tersebut menyasar masyarakat umum dengan usia 12 tahun, terselenggara atas kerja sama , Kadin Jatim dengan RS PHC Surabaya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO