SiMbahKu, Strategi Pemkot Kediri Genjot Vaksin Kelompok Lansia

SiMbahKu, Strategi Pemkot Kediri Genjot Vaksin Kelompok Lansia Petugas saat memvaksin salah satu lansia. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) terus digenjot agar segera mencapai 60 persen. Berdasar data dari Dinas Kesehatan Kota Kediri per tanggal 24 September 2021, vaksinasi dosis satu untuk kelompok lansia mencapai 55,65 persen atau sebanyak 15.441 orang.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar optimis target itu tercapai melalui kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak. Ia mengatakan, tercapainya target vaksinasi akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

Ia mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mempercepat vaksinasi kelompok lansia, antara lain dengan melakukan Vaksinasi Mobile Mbah-Mbah Kota Wilayah Utara (SiMbahKu). Di samping menggelar vaksinsi melalui puskesmas.

Program SiMbahKu ini merupakan vaksinasi on the spot ke rumah sasaran lansia. Program ini juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para lansia yang selama ini takut divaksin karena khawatir dengan efek sampingnya. Pemantapan vaksinasi ini dilakukan petugas kesehatan berkompeten dengan turun langsung ke sasaran kelurahan.

Sementara Kepala Puskesmas Kota Wilayah Utara dr. Susana Dewi mengungkapkan Program SiMbahKu berhasil meningkatkan cakupan vaksinasi terhadap lansia. Melalui program ini, petugas mendatangi para lansia, khususnya yang terkendala transportasi, takut divaksin, dan rentan karena memiliki penyerta.

Dengan mendatangi titik sasaran, petugas bisa langsung action. “Kita juga lakukan pemeriksaan dan pemantauan bagi lansia yang memiliki penyakit penyerta agar terkontrol dan segera bisa divaksin. Semoga target vaksinasi lansia segera bisa kita penuhi,” harapnya.

Simak berita selengkapnya ...