Awali PTM, Pelajar Ngawi Dites Swab Antigen

Awali PTM, Pelajar Ngawi Dites Swab Antigen Pelaksanaan swab antigen di SMKN 1 Gerih, Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah sekolah di Kabupaten Ngawi mulai melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM), Senin (27/9) hari ini. PTM dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dan standart operational procedure (SOP) yang telah ditentukan.

Salah satunya, para siswa dan siswi wajib melaksanakan swab antigen terlebih dahulu sebelum masuk kelas. Hal ini untuk memastikan tidak ada pelajar yang terkonfirmasi Covid-19.

Seperti yang dilakukan di SMKN 1 Gerih, puluhan siswa-siswi dan guru tampak mengikuti tes swab antigen.

Sumarsono, Kepala Dindik Ngawi mengatakan, tes swab ini dilakukan untuk mendeteksi adanya kemungkinan para guru dan siswa yang terpapar Covid-19.

"Hari ini (Senin) PTM mulai kita lakukan dalam masa percobaan. Apabila terjadi ledakan (kasus Covid-19) akan kita hentikan dulu," ujar Sumarsono.

Adapun tes swab itu dilakukan para nakes didampingi anggota TNI dan Polri. Hasil dari pelaksanaan swab antigen hari ini, semuanya negatif.

Sementara Dandim Ngawi Letkol. Inf. Totok Prio Kismanto mengatakan swab antigen ini sebagai screening awal untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah saat pelaksanaan PTM.

"Pelaksanaan testing swab antigen akan dilakukan setiap 15 hari sekali dengan cara acak pada pelajar dan pengajar. Dan hal tersebut akan dilakukan secara rutin untuk selanjutnya," ujar alumni akmil tahun 2000 tersebut.

Ia juga mengimbau kepada pihak sekolah untuk waspada dan berhati-hati, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas pada saat PTM dilaksanakan. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Orang Tua Bocah yang Demo PPKM Darurat Syok, Anaknya Di-Swab Test Antigen':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO