Sikapi Rendahnya Partisipan Pemilih, KPU Ngawi Gandeng PWI Tangkal Hoaks

Sikapi Rendahnya Partisipan Pemilih, KPU Ngawi Gandeng PWI Tangkal Hoaks Ketua PWI Ngawi Kundari Prisusanti saat menyampaikan paparan.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Dari hasil evaluasi Pilkada 2020 lalu, ternyata di Ngawi ada beberapa desa yang tingkat partisipasi pemilihnya rendah. Atas kondisi tersebut, KPU Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan PWI setempat dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (30/9), KPU Ngawi melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih di Desa Plang Kidul, Kecamatan Kedunggalar.

"Jadi kita adakan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini dengan tujuan memberikan pemahaman akan pentingnya kehadiran warga di pelaksanaan pemilihan. Dari hasil evaluasi bahwa ada 4 desa yang memang saat pilkada lalu tingkat partisipasinya cukup rendah," jelas Sudarsono, Komisioner KPU Ngawi saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Empat desa tersebut yakni Desa Dawung Kecamatan Jogorogo, Desa Plang Kidul Kecamatan Kedunggalar, Desa Kandangan Kecamatan Ngawi, dan Desa Jagir Kecamatan Sine.

Salah satu yang menjadi pemicu rendahnya tingkat partisipasi pemilih adalah maraknya hoaks dan pemahaman yang salah dari infomasi yang tidak tepat. Untuk itu, pihak KPU Ngawi bekerja sama dengan media dan merangkul PWI Ngawi dalam agenda tersebut.

"Salah satunya pemicu orang untuk tidak hadir di TPS karena berita bohong (hoaks). Makanya kita siapkan bagaimana menangkal hoaks dan ini merupakan peran dari media," terangnya.

Sementara Ketua PWI Ngawi Kundari Prisusanti menyampaikan bahwa hoaks sengaja dihembuskan untuk tujuan yang menyesatkan. PWI Ngawi sendiri sangat mendukung program KPU Ngawi untuk menangkal hoaks.

"Kita memang diundang pihak KPU sebagai narasumber untuk menyampaikan terkait hoaks menjelang pemilihan. Dan kita sebagai lembaga profesi sangat mendukung dengan program KPU demi sukses dan lancarnya pemilihan yang akan datang," ujarnya.

Diketahui, sosialisasi ini sebelumnya sudah terlaksana di Desa Dawung, Kecamatan Jogorogo dan  Desa Plang Kidul, Kecamatan Kedunggalar. Sedangkan untuk dua desa lainnya akan menyusul kemudian. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO