Lantik Pengurus Pergunu, Kiai Asep Bertemu Bupati Musi Rawas dan Wali Kota Lubuklinggau

Lantik Pengurus Pergunu, Kiai Asep Bertemu Bupati Musi Rawas dan Wali Kota Lubuklinggau Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat diterima Bupati Musi Waras Hj Ratna Machmud di rumah dinasnya Jl. Trans Sumatera Lubuk Linggau - Sarolangun, Jogoboyo, Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Foto: MMA /BANGSAONLINE.com

LUBUKLINGGAU, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A., di Sumatra Selatan (Sumsel) mendapat sambutan luar biasa. Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu selain disambut para kiai juga para kepala daerah.

Bahkan dalam sehari Kiai Asep bertemu dua kepala daerah. Yaitu Bupati Musi Waras Hj. Ratna Machmud dan Wali Kota Lubuklinggau Drs. H. S. N. Prana Putra Sohe, M.M.

“Selamat datang kiai telah berkenan hadir di Musi Waras,” kata Bupati Musi Waras Hj Ratna Machmud saat menyambut Kiai Asep di rumah dinasnya, Sabtu (9/10/2021). Kiai Asep datang bersama rombongan. Antara lain, Wakil Ketua Umum Persatuan Guru Nadlatul Ulama (Pergunu) Dr Fadly Usman, Ketua Pergunu Surabaya KH Fathurrohman, dan CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com, M Mas’ud Adnan, S.Sos., M.Si.

Juga tampak ulama setempat, Abah Yuris dan Ketua PW Pergunu Sumsel Dr Ahmad Zainuri yang terus mengawal Kiai Asep selama di Sumatra Selatan.

Di Rumah Dinas Bupati Linggau itu Kiai Asep juga melantik pengurus Pergunu. Yaitu Pimpinan Anak Cabang Pergunu se-Kabupaten Musi Rawas, Pimpinan Cabang Pergunu Kota Lubuklinggau, dan Pimpinan Cabang Pergunu Kabupaten Musi Rawas Utara masa bakti 2021-2026.

Bupati Ratna Machmud sangat mengapresiasi Pergunu sebagai Badan Otonom (Banom) NU. Menurut dia, NU adalah organisasi terbesar di Indonesia. Ia juga menjelaskan bahwa 90 persen warga Musi Waras beragama Islam.

“Di Musi Rawas ada 500-san lebih masjid,” kata Bupati Ratna Machmud saat memberikan sambutan pelantikan pengurus Pergunu. Namun ia mengatakan bahwa di Indonesia ada enam agama yang diakui. Karena itu, selain masjid juga ada gereja dan pura di Musi Rawas.

(Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengamini doa yang dipimpin Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. di rumah dinasnya. foto: mma/ bangsaonline.com)

Bupati Ratna Machmud mengaku telah memenuhi 50 persen janji politiknya saat kampanye.

“Jalan di Musi Rawas mulus,” katanya. Ia juga akan segera mendirikan rumah tahafidz pada tiap desa sebagai janji politiknya saat kampanye.

Kiai Asep mengaku sangat senang mendengar pidato Bupati Ratna Machmud. Putra pendiri NU, KH Abdul Chalim Leuwimunding, itu bahkan mendokan Bupati Ratna Machmud terpilih kembali dalam periode kedua kelak.

Simak berita selengkapnya ...