Puluhan Satpam SIG Pabrik Tuban Dibekali Tanggap Bencana dan Kebakaran

Puluhan Satpam SIG Pabrik Tuban Dibekali Tanggap Bencana dan Kebakaran Puluhan satpam yang bertugas di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban mengikuti pelatihan penangulangan bencana.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan anggota () yang bertugas di (Persero) Tbk () Pabrik mengikuti pelatihan penangulangan bencana. Kegiatan yang melibatkan unit Keselamatan Kerja (K2T) dan Unit Security tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG) Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten , Senin (11/10).

kali ini sementara diikuti peserta sebanyak 66 orang dari tenaga . Ke depan semua yang bertugas di Pabrik juga akan mendapatkan pelatihan yang sama,” kata Safety Officer , Jatmiko.

Ia menuturkan, tujuan dilakukan pelatihan itu agar petugas keamanan diharapkan dapat mengerti serta memahami mengenai prosedur dan tindakan yang tepat jika terjadi kebakaran. “Dan yang terpenting mereka dapat melakukan pencegahan terjadinya bencana kebakaran,” tuturnya.

Sementara itu, Senior Manager of Public Relation & CSR (Persero) Tbk, Setiawan Prasetyo, menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai upaya antisipasi apabila menemukan kebakaran, baik di lingkungan perusahaan saat sedang bertugas, maupun di tempat lain.

Sehingga, para penjaga keamanan memiliki wawasan tanggap darurat agar selalu sigap dalam menghadapi situasi apapun. Ia berharap, pelatihan ini akan dapat meningkatkan kompetensi para dalam menjaga keamanan maupun bencana.

"Security ini ada di semua area, baik perkantoran, produksi, maupun area tambang. Jika terdapat hal-hal yang berpotensi terjadinya kebakaran maupun bencana yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan serta kerusakan asset perusahaan atau korban jiwa dapat diantisipasi sedini mungkin," kata Iwan (sapaan karibnya).

Ia berujar, selain memberikan edukasi bagi karyawan perusahaan, beberapa waktu sebelum pandemi pihaknya telah memberikan pelatihan K3 ke sekolah SMA sederajat di Kabupaten . Begitu juga dalam penanggulangan bencana, khususnya di wilayah Kabupaten

Tim K2T perusahaan pun senantiasa bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten dalam memadamkan kebakaran di luar perusahaan. "Tidak hanya kebakaran, saat terjadi bencana lain seperti banjir maupun bencana lainnya tim dari Semen Indonesia juga turut andil dalam proses evakuasi,” ucap Iwan.

Dalam kesempatan itu, para peserta diberikan materi mengenai regulasi dan prosedur tanggap darurat, serta pengenalan dan teknik penanggulangan kebakaran menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), karung, maupun dengan metode penyemprotan air dari kendaraan pemadam kebakaran. Tidak hanya sebatas pemberian materi semata, peserta juga melakukan praktek secara langsung memadamkan api. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO