Anik Maslachah Ingatkan Pemprov Segera Anggarkan Dana Cadangan Pemilu 2024

Anik Maslachah Ingatkan Pemprov Segera Anggarkan Dana Cadangan Pemilu 2024 Anik Maslachah, S.Pd., M.Si., Wakil Ketua DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah mengingatkan agar dana cadangan untuk penyelenggaraan disiapkan mulai sekarang. Sebab, dana cadangan untuk pemilu 2024 butuh anggaran yang tidak sedikit.

"Hanya saja berapa nominalnya saya belum tahu update-nya. Kalau dulu sekitar Rp900 miliar. Karena nanti pemilu serentak, jadi pasti akan lebih dari Rp1 triliun," ujar Anik, Kamis (14/10/2021).

Menurut perempuan pertama yang menjadi pimpinan DPRD Jatim pasca reformasi itu, dana cadangan pemilu tidak mungkin hanya dianggarkan dalam satu tahun. Karena itu agar tidak merasa berat pada titik tahun tertentu, maka perlu diangsur atau disiapkan mulai dari sekarang.

"Ini sudah lazim. Jadi, mulai sekarang sudah mulai nabung. Namun demikian dana cadangan ini harus dibuatkan perdanya dulu. Baru setelah itu Perda APBD," kata Alumnus Unesa Surabaya ini.

Namun, Anik menambahkan, saat ini anggaran memang masih lebih fokus penyelesaian pandemi dari sisi kesehatan. Ia mengungkapkan, ada tambahan di antaranya anggaran untuk dana tak terduga.

"Kita nambahnya kurang lebih Rp 700 miliar dari Rp 100 sekian miliar," ungkap Penasihat Fraksi PKB DPRD Jatim ini.

Artinya, nanti jika ada gejala baru tidak akan ada persoalan yang sangat mengkhawatirkan untuk penyelesaian kesehatan, mulai dari penyedia nakes sampai pada alat kesehatan.

"Jadi, intinya kita siap untuk itu Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2022, Artinya, kita serius untuk menyelesaikan itu sehingga berharap dari new normal ini, Desember bisa menjadi normal. Apalagi, tentu ini harus dibarengi dengan itikad komitmen yang kuat dari pihak pemerintah penyediaan vaksin," tukas perempuan asli Sidoarjo ini. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO