Dukung Gemarikan, Pemkot Kediri Perkuat Pasokan Ikan

Dukung Gemarikan, Pemkot Kediri Perkuat Pasokan Ikan Kolam ikan lele yang dikelola Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Mitra Mandiri Mojoroto. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan di Kota Kediri melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Tidak hanya meningkatkan konsumsinya saja, Pemkot Kediri juga memperbanyak kolam ikan konsumsi, salah satunya kolam lele yang dimiliki Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Mitra Mandiri Mojoroto.

Pokdakan ini beranggotakan 18 orang dan mengelola 22 kolam terpal. Dari kolam tersebut, mereka mampu panen tiap 2 pekan sekali dengan hasil 5-6 kuintal.

Sekretaris Pokdakan Mitra Mandiri Mojoroto, Pratomo, menyampaikan saat ini penjualan lele anggotanya sampai luar kota seperti area Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta. Bisa mencapai 1 ton.

“Selama 3 periode ini, lele kami juga memasok untuk bantuan PKH. Kami menyediakan kurang lebih 5 kuintal dan dikemas 1 kiloan,” ujar Pratomo.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri juga ikut serta dalam pemantauan dan pembinaan petani lele. Ia selalu berkonsultasi mengenai perawatan ikan, kendala saat musim ikan sakit, serta kualitas pakan.

Terkait harga yang masih menjadi tantangan bagi petani ikan, Kepala Muhammad Ridwan mengatakan dalam waktu dekat akan memfasilitasi mediasi antara pembudi daya dan pengepul.

“Kami akan kumpulkan untuk mediasi harga yang sesuai di pasaran. Karena memang harga ikan cukup fluktuatif. Selain itu, kami juga membantu menghubungkan ke pengepul jika pemasaran ikan dari petani menemui kesulitan,” ujar Ridwan.

Sementara itu, Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Kota Kediri, Ferry Silviana Feronica, menyampaikan pentingnya mengonsumsi ikan untuk peningkatan mutu tumbuh kembang anak. Pasalnya, ikan mengandung cukup banyak gizi, khususnya protein.

“Terutama pada anak usia periode emas, protein sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Jadi para orang tua, mari kenalkan anak-anak kita mengonsumsi ikan, konsumsi apa pun yang bisa dijangkau,” ujar istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini.

Saat ini, terus menerapkan penggunaan pakan berkualitas pada ikan konsumsi serta probiotik yang mampu mengolah limbah sehingga ramah lingkungan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO