Kota Kediri Raih Penghargaan di Anugerah Media Humas 2021, Wali Kota: Kuncinya SEO Friendly

Kota Kediri Raih Penghargaan di Anugerah Media Humas 2021, Wali Kota: Kuncinya SEO Friendly Piagam Penghargaan Kategori "Siaran Pers Media Online" di Anugerah Media Humas 2021, yang diperoleh Pemkot Kediri. (Foto: Ist)

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Prestasi luar biasa ditorehkan Kota Kediri dari ajang 2021 yang diselenggarakan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) - Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (04/11) malam.

Pemerintah Kota Kediri berhasil menyabet penghargaan terbaik 1 dalam kategori "Siaran Pers Media Online Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota", sementara penghargaan terbaik 2 diterima Pemerintah Kabupaten Garut dan Pemerintah Kabupaten Bogor menjadi terbaik 3.

"Ini bukan sesuatu yang instan, ini buah dari perubahan yang kami lakukan, setidaknya 1,5 tahun terakhir. Judul siaran pers yang kami rilis ke teman-teman media, istilahnya sudah Search Engine Optimization (SEO) Friendly," jelas Abdullah Abu Bakar di Balai Kota Kediri, Jumat (5/11).

"Intinya bukan ala-ala judul yang clickbait, tapi bagaimana sebuah judul itu saat orang baca sudah paham isinya akan seperti apa, itu sangat disukai mesin pencari (google). Kadangkala agak panjang, tapi editor sebuah media kan punya keleluasaan untuk mengedit judul dan beritanya sesuai dengan kebutuhan masing-masing," tambahnya.

Ia menjelaskan, siaran pers ke media online perlu diperlakukan secara kaidah ramah SEO karena perilaku pencarian berita oleh masyarakat nomor satu masih mengandalkan mesin pencari seperti Google, baru setelah itu media sosial dan website pemerintah daerah.

Abdullah Abu Bakar menambahkan, pola distribusi siaran pers juga banyak mengalami perubahan. Era media cetak yang artinya siaran pers bisa dikirim sore hari karena besoknya baru tayang, sekarang sudah tidak berlaku di era media online.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO