Gigih, Petani Tanaman Hias Kota Kediri Lulusan IPB yang Sukses Ekspor Sampai Thailand

Gigih, Petani Tanaman Hias Kota Kediri Lulusan IPB yang Sukses Ekspor Sampai Thailand Gigih Mahayudin dan bunga hiasnya. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berkat kegigihannya, Gigih Mahayudin (25), pemuda asal Kota Kediri, sukses memasarkan -hias" rel="tag"> hiasnya hingga ke Thailand.

Lulusan Jurusan Kehutanan IPB ini bisa mengirim hingga 200 untuk sekali ke negeri gajah putih. Meliputi -hias" rel="tag"> hias jenis varigata seperti sente varigata, monstera varigata, burlemarx varigata, dan xanthosoma varigata.

Selama ini, ia memasarkan -hias" rel="tag"> hiasnya melalui instagram Galeri Kokedama.id serta melalui grup Supplier Indonesia. Selain itu, Gigih juga beberapa kali mendapat fasilitas dari Pemkot Kediri untuk mengikuti pameran -hias" rel="tag"> hias.

“Kurang lebih ada 6 kali pameran yang saya ikuti, dan dari situ banyak terjadi proses transaksi juga,” terangnya.

Ke depan, ia berharap dapat memiliki sertifikasi phytosanitary untuk kelengkapan . Saat ini, Gigih mengaku masih dibantu oleh pihak ketiga untuk menerbitkan sertifikat karantina tersebut.

Melihat Gigih yang begitu ulet melakoni bisnis -hias" rel="tag"> hiasnya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi. Menurutnya, banyak potensi yang dapat digali di Kota Kediri, meski tidak memiliki wilayah yang luas.

"Selain hidroponik dan hortikultura yang sedang dikembangkan oleh para petani, ternyata -hias" rel="tag"> hias di Kota Kediri juga telah memiliki pasarnya sendiri," ujar Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri itu.

Ia berharap, apa yang dilakukan Gigih dapat menjadi inspirasi bagi pemuda yang lain untuk menggali peluang. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO