Gelar Rapat Paripurna RAPBD 2022, Pemkab Jember Fokus pada Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

Gelar Rapat Paripurna RAPBD 2022, Pemkab Jember Fokus pada Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Bupati Hendy bersama Wabup Gus Firjaun usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar Rapat Paripurna bersama DPRD Jember dengan agenda penyampaian Nota Pengantar Rancangan Perda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Raperda APBD) Tahun Anggaran 2022 secara daring dan luring di Ruang Paripurna Gedung DPRD Jember, Senin (8/11).

menjelaskan, Raperda APBD Jember 2022 akan difokuskan pada percepatan pertumbuhan ekonomi. Sedikitnya ada tujuh yang menjadi program prioritasnya.

Tujuh program prioritas itu di antaranya adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis UMKM dan pertanian, mendorong konektivitas antar wilayah untuk pemerataan pembangunan dan mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan pembangunan SDM, serta mendorong pariwisata yang berbasis kearifan lokal dan kelestarian budaya.

Kemudian, memperkuat layanan infrastruktur untuk mendorong perekonomian daerah, menjaga keberlangsungan lingkungan dan meningkatkan ketahanan bencana daerah, serta membangun tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi.

“Pemkab Jember juga mengalokasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) sesuai Instruksi Pemerintah Pusat, untuk penanganan bencana alam, bencana non alam maupun bencana sosial lainnya sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku,” ungkap Bupati Hendy.

“Kita akan memperkuat layanan infrastruktur untuk mendorong perekonomian daerah, juga menjaga keberlangsungan lingkungan dan meningkatankan ketahanan bencana serta membangun tata kelola pemerintahan yang berbasis teknologi,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa pendapatan APBD tahun 2022 diproyeksikan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni, sebesar Rp 103 miliar.

Sementara untuk rencana belanja dalam APBD 2022 dibandingkan tahun sebelumnya mengalami penurunan sebesar Rp 39,05 miliar.

Rapat paripurna itu dihadiri oleh Wakil Gus Firjaun, jajaran pimpinan DPRD, serta 22 orang anggota DPRD secara daring dan 10 orang anggota DPRD secara luring. (yud/eko/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO