Dorong UMKM Go Digital, Dekranasda Kota Pasuruan Gandeng DHL Gelar Workshop e-Commerce

Dorong UMKM Go Digital, Dekranasda Kota Pasuruan Gandeng DHL Gelar Workshop e-Commerce Workshop e-commerce dengan tema “UMKM Kota Pasuruan Go Digital Go Global” di Gedung Gradika Kota Pasuruan, Senin (08/11/2021).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan bersama Express menggelar workshop e-commerce dengan tema “ Go Digital Go Global”. Workshop ini digelar di Gedung Gradika Kota Pasuruan, Senin (08/11/2021).

Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dalam sambutannya saat membuka acara mengajak UMKM untuk memaksimalkan pasar online. Sebab, masyarakat cederung memilih berbelanja secara daring atau online melalui toko online atau online shop selama pandemi Covid-19.

Ia berharap dengan gencarnya UMKM yang go digital, bisa mendongkrak perekonomian Indonesia yang mengalami pelemahan selama pandemi Covid-19. 

"Sebenarnya budaya berbelanja online ini sudah ada sejak lama, namun intensitasnya semakin tinggi seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19. Hal ini bisa menjadi celah bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi untuk bangkit, dengan mulai berbisnis atau mengembangkan toko online," ujar Fatma.

Menurut Fatma, transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet atau e-commerce mempunyai sejumlah kelebihan, misalnya; hemat waktu, bisa menjadi bisnis lintas wilayah, dan tentunya tanpa modal besar serta menawarkan fleksibilitas yang tinggi.

“Yang perlu saya ingatkan di sini, bahwa untuk menjalankan bisnis online mutlak memerlukan kepercayaan satu sama lain, yaitu antara penjual dan pembeli. Jika tidak ada rasa saling percaya, mustahil transaksi bisa dilakukan. Untuk itu, setiap perusahaan atau siapa pun yang akan melakukan bisnis online, perlu menjaga kepercayaan dari konsumennya,” jelas Fatma.

Ia juga mengatakan bahwa pelaku bisnis online penting untuk menyajikan informasi yang benar dan jujur terkait barang atau jasa yang akan dijual. Kejujuran akan produk yang ditawarkan kepada konsumen, dan informasi yang benar sesuai dengan detail barang yang dijual, akan menjaga kepercayaan konsumen terhadap toko online tersebut.

Peserta workshop ini terdiri dari para UMKM kerajinan di Kota Pasuruan. Sedangkan narasumber dari Express. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral Emak-emak Damprat Kurir Online Shop: Blok-G*oblok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO