Tinjau Bendungan Duplang di Desa Kamal, Bupati Jember Minta Masyarakat untuk Ikut Merawat

Tinjau Bendungan Duplang di Desa Kamal, Bupati Jember Minta Masyarakat untuk Ikut Merawat Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat meninjau pelaksanaan proyek Pembangunan Bendungan di Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa.

JEMBER, BANGSAONLINE.com , Hendy Siswanto, didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) , Rahman Anda, meninjau pelaksanaan proyek Pembangunan Bendungan di Dusun Duplang, , Kecamatan Arjasa, Selasa (16/11). Pekerjaan itu dilakukan untuk membantu kebutuhan air para petani di wilayah tersebut.

“Ini bagian dari poyek kita tahun 2121 yang dilaksanakan oleh PT Sari Utama dan konsultanya adalah pilar konsultan, hari ini sudah selesai dengan masa pemeliharaan selama enam bulan. Bendungan ini tentu untuk membantu petani kita agar produktivitas bisa meningkat lagi,” ujarnya.

“Dengan dibangunya bendungan air duplang tersebut dapat mengaliri perswahan untuk kebutuhan masa tanam pertanian untuk masyarakat sini,” tuturnya menambahkan.

Kendati demikian, Hendy pun mengimbau kepada masyarakat setempat untuk ikut merawat bendungan tersebut agar keberadaanya tetap terjaga dengan baik, dan kebutuhan air untuk pertanian tetap terjamin ketersediaanya.

“Mudah-mudahan Bendungan Doplang dengan kapasitas 222 hektare ini untuk mengaliri air ke sawah, semoga hasil pertanian mereka menjadi maksimal,” kata Hendy.

Untuk menjaga kebutuhan air tetap tercukupi bagi pertanian, ia menyarankan agar para petani melakukan pola tanam yang tidak monoton. Hendy berharap, ada edukasi kepada masyarakat setempat agar melakukan pola tanam yang dapat memaksimalkan ketersediaan air yang ada.

“Kebutuhan air ini sesuai dengan tanamannya, kalau petani terus-terusan tanam padi ya tidak cukup pada musim kemarau nanti, maka perlu ada pola tanam,” paparnya. (yud/eko/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO