Festival JKCI, Satu-satunya Festival Cerutu di Asia Pasifik Digelar di Jember

Festival JKCI, Satu-satunya Festival Cerutu di Asia Pasifik Digelar di Jember Buruh sebuah pabrik cerutu saat melakukan pengemasan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Jember sejak dulu dikenal dengan potensi sektor pertanian komoditas tembakau. Tak ayal jika eksistensi bisnis di bidang tembakau itu terus dikembangkan di Jember, bahkan dikenalkan ke mancanegara di belahan dunia.

Berdasarkan data dari Balai Pengujian Sertifikasi Barang dan Lembaga tembakau (BPSMB-LT) Jawa Timur, sampai saat ini tembakau Indonesia memasok 37 persen untuk kebutuhan produsen cerutu dunia. Dari 37 persen itu, sebanyak 25 persen adalah tembakau Jember.

Untuk memaksimalkan bisnis di bidang tembakau itu, Komoditas Produsen Cerutu Jember berkolaborasi dengan pemerintah daerah menggelar acara Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) yang akan digelar pada hari ini, Jumat 26 hingga 28 November.

Menurut Febrian Ananta Kahar, pengagas sekaligus ketua panitia acara, ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di kawasan Asia Pasifik.

“Tahun lalu (2020) acara ini tertunda karena pandemi. Tahun ini meskipun masih dalam suasana pandemi, alhamdulillah bisa kita laksanakan lagi namun dengan penerapan prokes yang ketat,” ujar Febrian Ananta Kahar, Komisaris PT. BIN Cigar Jember.

Simak berita selengkapnya ...