RSUD Gambiran Kota Kediri Miliki Klinik Bedah Anak

RSUD Gambiran Kota Kediri Miliki Klinik Bedah Anak Kondisi ruangan bedah khusus anak yang dimiliki RSUD Gambiran, Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran kini telah memiliki layanan klinik bedah anak. Fasilitas itu adalah salah satu subspesialis bedah yang melibatkan janin, bayi, anak, remaja, dan sebagainya.

Direktur , Fauzan Adima, mengatakan bahwa klinik bedah anak ini telah dibuka sejak Agustus 2021, dengan jam pelayanan pada hari Selasa dan Kamis pukul 08.00-12.00 WIB.

“Klinik telah dilengkapi peralatan bedah minor (khusus pasien anak). Dokter yang menangani juga berbeda dengan bedah umum,” ujarnya, Senin (29/11).

Sementara itu, Spesialis , Arifandi Dwi, menjelaskan keberadaan fasilitas ini sangat membantu kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat , sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat karena semua fasilitas telah tersedia dengan baik di sini.

“Penanganan operasi pada anak sangat berbeda dengan operasi pada pasien dewasa. Anak-anak memiliki data anatomis dan fisiologis yang berbeda dengan orang dewasa. Klinik ini sudah dilengkapi peralatan operasi khusus untuk anak,” kata Arifandi.

Ia memaparkan, beberapa rumah sakit selama ini masih melakukan tindakan pembedahan anak menggunakan peralatan untuk pasien dewasa. Menurut dia, anak-anak membutuhkan peralatan khusus dan berukuran kecil, seperti gunting khusus kecil, serta pinset kecil dan halus. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO