Dari Target 100, Tahun Pertama Tercipta 35 Desa Wisata di Trenggalek

Dari Target 100, Tahun Pertama Tercipta 35 Desa Wisata di Trenggalek Desa Wisata Putri Maron, Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Nur Arifin mulai mewujudkan janji kampanyenya dalam Pilkada Trenggalek 2020 lalu, dengan menciptakan 100 desa wisata selama dirinya menjabat sebagai bupati.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Drs. Sunyoto melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata Tony Widianto menyampaikan, di tahun pertama kepemimpinan Bupati Arifin, telah tercipta 35 desa wisata.

"Jadi di tahun pertama saat ini kita telah menciptakan 35 desa wisata, ini untuk tahun pertama," kata Tony, Sabtu (4/12).

Tony menargetkan 100 desa wisata itu bisa diwujudkan dalam kurun waktu 3 tahun. Untuk tahun pertama 35 desa wisata, tahun kedua 35 desa wisata dan tahun ketiga 30 desa wisata.

"Jadi dalam tiga tahun nanti bisa pas 100 desa wisata," jelasnya.

Diterangkan oleh Tony, untuk menciptakan desa wisata dimulai dari desa yang telah memiliki destinasi wisata. Selain itu, pihaknya juga menawarkan pada desa yang memiliki potensi wisata, namun belum dikelola secara maksimal.

Secara umum, anggaran yang digunakan untuk terciptanya desa wisata berasal dari APBD dan dana desa (DD).

"Untuk tahun pertama saat ini, jumlah desa wisata terbanyak berada di Kecamatan Munjungan. Di sana terdapat 6 desa wisata, yaitu Desa Wisata Ngulungkulon, Bangun, Masaran, Munjungan, Ngulungwetan, dan Karangturi.

Agar desa wisata ini bisa berkembang, ia berharap warga Trenggalek turut memberikan dukungan. Caranya dengan melakukan kunjungan wisata di beberapa desa wisata yang telah tercipta saat ini di Kabupaten Trenggalek. (man/rev)

Berikut ini 35 Desa Wisata yang telah tercipta di tahun pertama jabatan Bupati Arifin:

1. Desa Wisata Sumberbening Kecamatan Dongko

2. Desa Wisata Pandean Kecamatan Dongko

3. Desa Wisata Dongko Kecamatan Dongko

4. Desa Wisata Senden Kecamatan Kampak

5. Desa Wisata Wonoanti Kecamatan Gandusari

6. Desa Wisata Gandusari Kecamatan Gandusari

7. Desa Wisata Karangangyar Kecamatan Gandusari

8. Desa Wisata Dompyong Kecamatan Bendungan

9. Desa Wisata Depok Kecamatan Bendungan

10. Desa Wisata Sengon Kecamatan Bendungan

11. Desa Wisata Karangan Kecamatan Karangan

12. Desa Wisata Kerjo Kecamatan Karangan

13. Desa Wisata Kedungsigit Kecamatan Karangan

Simak berita selengkapnya ...