Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Mahasiswa dan Politikus Jombang Gelar Refleksi Pencegahan Dini

Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Mahasiswa dan Politikus Jombang Gelar Refleksi Pencegahan Dini Kegiatan refleksi Hari Anti Korupsi Sedunia oleh mahasiswa dan politikus di Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa yang tergabung dalam beberapa ikatan dan komunitas di menggelar renungan sebagai refleksi pencegahan tindak korupsi sejak dini. Hal ini dilakukan untuk memperingati Sedunia Tahun 2021.

Bertempat di Taman Kebon Ratu yang berada di Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan , kegiatan tersebut juga menggandeng politikus, yakni Ketua Partai Demokrat Kabupaten sekaligus Wakil Ketua Komisi D DPRD , Syarif Hidayatullah atau Gus Sentot.

Menurut Gus Sentot, kegiatan tersebut membawa dampak jangka panjang sebagai langkah pencegahan.

"Kegiatan seperti itu adalah upaya sejak dini, sebagai refleksi pada Sedunia. Sejak mahasiswa kita sudah kenali seluk-beluk korupsi sehingga pada masa akan datang dapat terhindari. Karena pencegahan dilakukan mulai saat ini," tuturnya pada Kamis (09/12/21) malam.

Selain sebagai kegiatan pencegahan, lanjut Gus Sentot, dengan kegiatan tersebut juga mampu membantu pemerintah dalam penanganan korupsi yang seringkali menjerumuskan.

"Diharapkan juga mampu membantu pemerintah dalam hal pencegahan untuk masa akan datang. Kegiatan ini juga mengingatkan kita bahwa semua eleman masyarakat harus menjauhi korupsi," harapnya.

Dikatakan, jika pencegahan korupsi tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum. Melainkan menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

"Korupsi menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, tidak hanya aparat hukum. Menjadi tanggung jawab semua. Seperti pergerakan mahasiswa ini yang menyampaikan pada khalayak tentang bahaya korupsi," ujarnya.

Ketua Ikatan BEM se-, salah satu penggagas kegiatan Sedunia oleh mahasiswa di , Mohammad Fajar mengungkapkan, jika kegiatan tersebut sebagai aktualisasi dalam memaknai peringatan tersebut.

"Ini serangkaian kegiatan yang kita lakukan untuk peringatan Sedunia dengan beberapa hal. Selain refleksi tersebut, kita juga adakan beberapa lomba. Ada lomba orasi dengan tema yang sama di Alun-Alun ," pungkasnya. (aan/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO