Ciptakan Destinasi Wisata Baru di Lereng Gunung Kelud, Heri Setiawan Tanam 1.000 Bibit Buah

Ciptakan Destinasi Wisata Baru di Lereng Gunung Kelud, Heri Setiawan Tanam 1.000 Bibit Buah Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Heri Setiawan (kiri) bersama masyarakat Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri melakukan aksi penanaman 1.000 bibit buah. foto: istimewa

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Heri Setiawan bersama masyarakat , Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri melakukan aksi penanaman 1.000 bibit buah di kawasan penyangga sungai (KPS) area Perhutani, Jumat (10/12).

Ia mengatakan, bibit-bibit buah yang ditanam itu sebagai penyangga sungai yang nantinya menjadi destinasi wisata alam Sempu Exotic Park.

"Harapanya, tanaman buah tersebut bisa dijadikan zona destinasi wisata petik buah nantinya," ujar Heri, Jumat (10/12).

Politikus PDI Perjuangan ini menjelaskan, bibit buah yang ditanam antara lain durian, alpokat, dan manggis. Aksi sosial itu berlangsung selama kurang lebih 4 jam, dihadiri Pemerintah Desa (Pemdes) Sempu, PMDH (Pembinaan Masyarakat Desa Hutan), serta muspika setempat.

"Total ada 18 hektare luasan lahannya. Di situ ada 44 Petani Penggarap (Pesanggem) di kawasan penyangga sungai. Saya berharap nantinya memberikan manfaat bagi masyarakat desa dan hasilnya bisa dirasakan langsung oleh petani penggarap diwilayah KPS tersebut," terangnya.

Dijelaskan oleh anggota DPRD Jatim yang berangkat dari Daerah Pemilihan Kediri ini, itu juga sejalan dengan yang diinstruksikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, agar kadernya bisa benar-benar melaksanakan dan mewujudkan politik hijau yang mencintai serta melestarikan lingkungan.

"Bu Mega mengatakan, dalam konteks lingkungan, kesejahteraan rakyat itu termasuk bagaimana lingkungan yang sehat dan lestari benar-benar terjadi. Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai itu dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan, maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan," jelasnya.

Pria asli Kediri ini mengatakan bahwa penanaman bibit buah itu bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi para petani sebagaimana intruksi ketua umum. Sekaligus rencana pembangunan destinasi wisata baru di lereng Gunung Kelud tersebut.

"Jika tidak ada kendala, destinasi wisata alam Sempu Exotic Park akan dibuka untuk umum pada awal 2022," pungkas Heri. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO