Baznas RI Serahkan 1 Mililar Sebagai Bantuan Awal Untuk Warga Korban APG Gunung Semeru

Baznas RI Serahkan 1 Mililar Sebagai Bantuan Awal Untuk Warga Korban APG Gunung Semeru Kunjungan Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A., didampingi Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, S.Pt., Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan, M.A., Kolonel Caj. (Purn) Nur Chamdani, Ketua Baznas Jatim Drs. KH. M. Roziqi, M.M., dan Pimpinan BAZNAS Lumajang Atok Hasan Sanusi ke tenda ramah anak yang didirikan Baznas RI.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia () menghimpun dana sebesar Rp5 miliar saat Rakernas Baznas se-Indonesia di Jakarta, pada tanggal 8 - 9 Desember 2021. Dana tersebut diperuntukkan recovery pasca erupsi Gunung Semeru dan pemulihan sosial bagi warga korban bencana alam Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru.

Ketua Baznas Jawa Timur, Drs. KH. M. Roziqi, M.M. mengatakan, dari hasil penghimpunan bersama dengan saat Rakernas RKAT Baznas, telah terkumpul dana sebesar Rp5 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp1 miliar sudah diserahkan secara langsung oleh Ketua Prof. Dr. KH. Noor Achmad, kemarin.

Sedangkan sisanya sebesar 4 miliar, digunakan sebagai dana recovery. Yakni, digunakan untuk program-program pemulihan pasca bencana alam APG Gunung Semeru. "Update sementara sebesar Rp5 miliar, kami akan terus mengumpulkan dana untuk para korba bencana," terang Roziqi saat dihubungi media ini melalui telepon selulernya, Ahad (12/12) siang.

Program-program recovery tersebut seperti pemulihan ekonomi melalui program Kita Jaga Usaha, pendidikan bagi anak-anak yang ditinggal orang tuanya melalui Kita Jaga Yatim, hingga program bantuan rumah layak huni.

"Baznas akan memberikan modal usaha. Sedang bagi anak yang ditinggal orang tuanya, maka Baznas akan menanggung pendidikan sampai lulus dan mencarikan pekerjaan," tambahnya.

Termasuk, Baznas akan membantu kebutuhan pendirian rumah melalui dana recovery ini. Dana tersebut nantinya akan diberikan saat pendirian rumah akan dilaksanakan. "Baznas mengikuti dari Pemkab Lumajang untuk pendirian rumah bagi para korban," terangnya.

Lihat juga video 'Warga dan Pemuda Pancasila Ranting Pradah Surabaya Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO