Tanam Mangrove di Pantai Bohay Probolinggo, Gubernur Khofifah Ajak Dalami Filosofi Sunan Kalijaga

Tanam Mangrove di Pantai Bohay Probolinggo, Gubernur Khofifah Ajak Dalami Filosofi Sunan Kalijaga Gubernur Khofifah saat menanam mangrove di Pantai Bohay.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengajak masyarakat berkontribusi dalam mempercepat target pengurangan emisi karbon gas rumah kaca lewat penanaman . Ajakan ini menurut sesuai dengan filosofi Sunan Kalijaga "Urip iku Urup".

"Artinya, hidup itu menghidupkan. Kalimat ini merupakan sebuah referensi sederhana tapi dalam maknanya. Oleh karena itu, tidak usah menunggu dengan siapa dan kapan akan menanam. Mulailah menanam kapan saja dan di mana saja. Tanam dan pelihara," pesan Gubernur pada kegiatan bertajuk "Nandur Mangrove", yang diselenggarakan di , Kabupaten , Minggu (26/12).

Kegiatan tanam tersebut, kata dia, merupakan upaya bentuk dukungan terhadap program rehabilitasi nasional sekaligus pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. Menanam bukanlah hal yang asing bagi gubernur perempuan pertama di Jatim ini. Dirinya menceritakan, kala menjabat sebagai Menteri Sosial RI, juga berinisiasi untuk menanam di beberapa provinsi yang ada di Indonesia.

"Saya mengajak kepada semua elemen untuk melakukannya, saya juga mengajak untuk memiliki semangat menamam di Jawa Timur. Mari kita bangun sinergi dan energi sekuat mungkin," pesan .

Selain menanamkan pentingnya menanam, ia juga menekankan pentingnya merawat dan mengembangkan ekosistem alam.

"Pokoknya nandur, nandur, dan nandur. Alam ini telah banyak diekpsloitasi . Digunakan untuk jalan, rumah, wisata, dan dipakai banyak hal lainnya. Maka kita jangan pernah berhenti untuk nandur," ujarnya.

"Apa yang kita tanam hari ini untuk ekosistem alam, tentunya untuk anak cucu dan masa depan ekosistem bangsa kita. Seluruh warga bangsa, Indonesia merupakan paru-paru dunia. Mari kita berkontribusi untuk merevitalisasi dalam membangun ekosistem dunia," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim Anik Maslachah, Wakil Ketua Komisi B DPRD Habib Mahdi, Kadivre Perhutani Jatim Karuniawan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Jumadi, Rektor Unesa Nurhasan, beberapa Kepala OPD di lingkup , pejabat Forkopimda di lingkungan Pemkab , serta mahasiswa Unesa dan beberapa anggota Pramuka.

Lokasi penanaman yang juga merupakan lokasi Wisata Bhinor Harmoni (), merupakan area wisata, edukasi, dan konservasi ekosistem dan sebagai upaya perlindungan garis pantai dari abrasi. Penanaman dengan jenis Avicennia sp. Sebanyak 1.000 batang dan cemara laut sebanyak 500 batang yang merupakan kegiatan penanaman simbolis dari total 95.000 batang dengan luas 30 hektare yang ditanam di Kabupaten pada tahun 2021.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO