Bupati Gresik Pantau Uji Coba Penerapan e-Parkir di GKB

Bupati Gresik Pantau Uji Coba Penerapan e-Parkir di GKB Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat meninjau uji coba pelaksanaan e-parkir di wilayah GKB. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, meninjau sejumlah titik parkir di kawasan Kota yang akan menerapkan parkir non-tunai (cashless) atau parkir elektronik (), Senin (27/12). Program dalam rangka mendongkrak sektor retribusi parkir itu sedang dalam tahap sosialisasi untuk para jukir dan masyarakat di Kota Pudak.

Di antara lokasi uji coba ini adalah sepanjang jalan di kawasan Perumahan Kota Baru ().  melihat langsung mekanisme pembayaran parkir dengan menggunakan scan barcode atau dengan aplikasi QRIS.

"Masyarakat yang sudah mempunyai aplikasi pembayaran dan berisi saldo, sudah langsung bisa melakukan pembayaran. Tetapi yang tidak memiliki saldo akan menggunakan handphone dari jukir dulu," ujarnya, Senin (27/12).

Pihaknya bakal terus melalukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui secara jelas mekanisme yang diterapkan. memaparkan, penerapan di juga sebagai implementasi smart city menuju pemerintahan yang lebih baik (good government).

"Saya minta kepada dishub dan satpol PP untuk terus memantau di lapangan dan memberikan sosialisasi intens kepada para jukir dan masyarakat terkait mekanismenya," kata .

Ia meyakini bahwa penerapan bakal mewujudkan tata kelola pemerintahan dan menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) yang transparan serta akuntabel. juga berharap, masyarakat mendukung penerapan ini.

"Ini salah satu implementasi sebagai Kabupaten Smart City dengan diimbangi tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan juga transparan," paparnya.

"Bagi pihak jukir yang kedapatan memungut uang parkir secara tunai, maka akan ada sanksi tegas, yakni pemutusan kontrak kerja sama bagi pengelola jukir yang bandel," tuturnya menambahkan. 

juga didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) , Eddy Hadisiswoyo, dan Kepala Satpol PP , Suprapto, saat meninjau penerapan di kawasan . (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO