Kasus Cacar Monyet Meningkat, Kenali Gejala, Cara Penanganan dan Pencegahannya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kasus Cacar Monyet Meningkat, Kenali Gejala, Cara Penanganan dan Pencegahannya

Editor: Annisa'a Ambarnis
Senin, 30 Oktober 2023 12:00 WIB

Kasus Cacar Monyet Meningkat, Kenali Gejala, Cara Penanganan dan Pencegahannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Cacar monyet adalah infeksi virus yang termasuk penyakit zoonosis langka. Cacar monyet pertama kali ditemukan tahun 1958. Pada saat itu ditemukan wabah penyakit mirip cacar yang menyerang koloni monyet yang dipelihara untuk bahan penelitian. Hal tersebutlah yang menjadikan penyakit ini disebut atau cacar monyet.

Kementerian Kesehatan melaporkan total jumlah kasus cacar monyet di Indonesia meningkat, yakni 21 kasus positif cacar monyet sejak pertama kali ditemukan pada bulan Agustus 2022.

Virus cacar monyet dapat menular ketika bersentuhan dengan virus dari orang yang terinfeksi, hewan yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus.

Virus dapat menyebar dari cakaran hewan yang terinfeksi, ketika menangani hewan buruan, atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

Virus dapat menyebar juga melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh.

Dilansir dari Kemkes.go.id, berikut :

-Sakit kepala

-Demam akut yakni >38,5 derajat celsius

-Pembesaran kelenjar getah bening

-Sakit punggung

-Nyeri otot

-Kelemahan tubuh

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video