​Gus Dullah Dipinang Ikfina, Gus Fahmi, Sang Adik, Dukung Gus Barra | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Dullah Dipinang Ikfina, Gus Fahmi, Sang Adik, Dukung Gus Barra

Editor: MMA
Senin, 03 Juni 2024 01:53 WIB

Sekitar 200 kiai Mojokerto berkumpul di Gedung Pascasarjana Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Bendunganjati Pacet Mojokerto, Ahad (2/6/2024) malam. Mereka mendukung Dr Muhammad Al Barra (Gus Barra) sebagai calon bupati Mojokerto. Foto: MMA/bangsaonline

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Dalam sehari ada tiga peristiwa politik penting di Mojokerto pada Ahad (2/6/2024). Pertama, sebanyak 9 pimpinan partai politik melakukan deklarasi mendukung Dr Muhammad Al Barra (). Acara deklarasi itu dilakukan di aula Gedung Pascasarjana Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Bendunganjati Pacet Mojokerto.

Deklarasi dukungan itu dipimpin Ketua Partai Nasdem Mojokerto, Suwandy Firdaus yang merupakan ketua koalisi partai pendukung

Dalam acara deklarasi yang dihadiri sekitar 250 pengurus partai itu, selain Nasdem, juga hadir Ketua Demokrat H Muhammad Sholeh, Ketua Gerindra Haji Hidayat, Ketua PAN Muhammad Santoso, Ketua PDIP Haji Ahmad Anwar, Ketua Hanura H. Syaikhu Subkhan, Ketua PPP H. Arif Winarko, Ketua PSI Bryan dan perwakilan dari Perindo.

Para ketua 9 partai politik pendukung saat melakukan deklarasi di aula Gedung Pascasarjana Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Bendunganjati Pacet Mojokerto. Foto: MMA/bangnsaonline

Hadir juga Sekretaris DPW PPP Jatim Habib Salim Quraisy, Ketua Harian DPW PAN Jatim, Wakil Sekretaris DPW PAN Jatim dan Wakil Ketua DPW PAN Jawa Timur Malik Effendi.

Acara deklarasi itu selain dihadiri juga Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, ayahanda .

menjelaskan, deklarasi dukungan para pimpinan parpol itu untuk memenuhi permintaan partai politik pendukung. Menurut dia, ada tiga permintan parpol. Yaitu hasil survei , dukungan parpol minimal 10 kursi DPRD dan pembentukan tim sukses atau tim pemenngan.

"Hasil survei terbaru, elektabilitas Mas Barra sebesar 52,8%, sedangkan Ikfina 29,3%," tutur .

Menurut , pada survei sebelumnya, elektabilitas Ikfina sebesar 32,8%. Sedangkan elektabilitas , tutur , pada bulan Januari 2024 sebesar 49,7%. 

Jadi tren terus naik. sebaliknya Ikfina menurun.

Sementara dukungan parpol, tutur , sekarang sudah mencapai 36 kursi. Jadi koalisi parpol pendukung masuk kategori koalisi besar. 

"Tinggal Golkar. Cuma Golkar sudah pamit tak hadir karena ada mekanisme sendiri," tutur .

Peristiwa politik kedua, sekitar 200 kiai Mojokerto – sebagian pengasuh pondok pesantren – juga mendukung . Acara dukungan itu juga dilakukan di Gedung Pascasarjana Universitas KH Abdul Chalim (UAC) Bendunganjati Pacet Mojokerto pada malam harinya. 

Yang menarik, saat acara 200 kiai itu berlangsung tiba-tiba muncul , putra KH Husein Ilyas. Kehadiran itu sontak menjadi perhatian para kiai yang tengah serius membahas kemenangan . Bahkan beberapa bu nyai yang hadir sempat berteriak kegirangan karena tak menyangka putra kiai kharismatis itu hadir ke acara .

saat menyatakan mendukung di depan para kiai, Ahad (2/6/2024). Foto: mma/bangsaonline

Ini memang peristiwa menarik. Karena adalah adik kandung Sa’dullah Syarofi () yang kini sedang jadi perbincangan publik karena dipinang oleh calon bupati incumbent sebagai calon wakil bupati Mojokerto.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video