Upaya Strategis Tangani TBC, Pj Wali Kota Kediri Ajak Kolaborasi Semua Pihak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Upaya Strategis Tangani TBC, Pj Wali Kota Kediri Ajak Kolaborasi Semua Pihak

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 09 Juni 2024 23:29 WIB

Petugas kesehatan saat mengunjungi penderita TBC. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka program Eliminasi 2030, Pemkot Kediri melakukan beberapa langkah strategis untuk mencapai penemuan kasus terkait sebanyak-banyaknya. Tentunya, agar dapat diobati secara tuntas sampai sembuh untuk menghindari penularan pada lingkungan di sekitar penderita. 

Apabila seorang penderita tidak diobati, dia bisa menularkan pada 10-15 orang di sekitarnya dalam setahun. Penanganan ini memerlukan sinergitas berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat, akademisi, dan media yang berkomitmen bersama untuk melawan .

“Kami di jajaran Pemerintah Kota Kediri serius untuk menangani kasus ini. Saya ingin ini benar-benar tuntas. Dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak untuk mencapai Kota Kediri bebas dari ,” kata Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, Minggu (9/6/2024).

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Kediri, Muhammad Fajri Mubasysyir, menyebtu beberapa program kegiatan telah dilakukan, di antaranya meningkatkan penemuan kasus sebanyak-banyaknya baik secara pasif maupun aktif, serta melakukan pengobatan dengan berjejaring atau bekerja sama dengan fasilitas kesehatan di Kota Kediri, baik Puskesmas, rumah sakit, klinik pemerintah maupun swasta, juga tempat praktik mandiri dokter.

“Kegiatan penemuan kasus di antaranya dengan melakukan investigasi kontak pada 15-20 orang di lingkungan penderita . Dengan melibatkan petugas kesehatan, kader kesehatan dan TNI/Polri,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video