Fraksi PKB DPRD Gresik Kritik Capaian PAD 2023 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Fraksi PKB DPRD Gresik Kritik Capaian PAD 2023

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Kamis, 18 Juli 2024 14:31 WIB

Jubir Fraksi PKB, Jamiyatul Mukharomah, saat membacakan PA terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2023. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fraksi DPRD Gresik melontarkan kritik pedas terhadap pemerintah daerah setempat saat paripurna penyampaian pendapat akhir (PA) fraksi-fraksi terhadap nota pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2023 dalam rapat paripurna, Kamis (18/7/2024).

Fraksi melalui juru bicaranya, Jamiyatul Mukharomah, menyoroti tidak tercapainya seluruh target pendapatan asli daerah (PAD) di tahun lalu saat membacakan PA. Ia mengatakan, Fraksi mengingatkan kepada seluruh kepala OPD agar bekerja serius, dan diawali dengan membuat pakta integritas.

"Fraksi mengingatkan kepada semua penanggung jawab sektor pendapatan (kepala OPD) agar bekerja serius, dan didahului membuat pakta integritas. Apabila tidak mampu bekerja sesuai dengan target yang telah disepakati, harus secara sukarela menyatakan mundur dari jabatannya," ucapnya.

"Gresik ke depan membutuhkan pejabat yang punya kemampuan dan kemauan bekerja dengan target yang jelas dan bertanggungjawab atas tugas dan kewajibannya. Persoalan yang terjadi pada Tahun 2023 lalu diharapkan tidak kembali terjadi," imbuhnya.

Ia lantas menyebut capaian PAD 2023 berdasarkan sumbangsih PAD bagi pendapatan daerah di angka 34,28 persen. Menurut dia, hal tersebut jauh dari harapan bagi sebuah daerah yang menjadi tujuan investasi

"Pendapatan Asli Daerah pada tahun 2023 hanya sebesar Rp1,171 triliun atau 73,92 persen dari target yang ditetapkan," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video