Pemkot Kediri Mulai Salurkan Bantuan Modal Usaha DBHCHT Tahap I Tahun 2024 ke 5.617 Pelaku UMKM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Kediri Mulai Salurkan Bantuan Modal Usaha DBHCHT Tahap I Tahun 2024 ke 5.617 Pelaku UMKM

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 06 Agustus 2024 20:24 WIB

Petugas saat melayani warga. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penyerahan bantuan modal usaha yang bersumber dari Tahap I Tahun 2024 mulai digulirkan hari ini, Selasa (6/8/2024). Bertempat di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Pemkot Kediri melalui Disperdagin akan menyalurkan bantuan modal usaha kepada 5.617 penerima secara bertahap hingga Senin (12/8/2024).

Untuk hari ini, bantuan modal usaha diserahkan kepada 1.156 penerima dari Kelurahan Balowerti, Banjaran, Kaliombo, Kampung Dalem, Kemasan, Manisrenggo, Ngronggo, Dandangan, Ngadirejo, Jagalan dan Pakelan.

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani, mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan , salah satunya melalui program bantuan modal usaha. Program ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha mikro dan menengah menjalankan usahanya agar bertahan bahkan lebih berkembang.

"Saya sampaikan selamat kepada Bapak Ibu semua yang lolos sebagai penerima manfaat bantuan modal usaha Tahun 2024. Bapak Ibu merupakan salah satu dari 5.617 orang yang beruntung lolos seleksi dari total 6.815 calon penerima manfaat," paparnya.

Terkait mekanisme dan penyaluran bantuan modal usaha, Wahyu menyebut telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang tertera pada Perwali Nomor 5 Tahun 2023 tentang petunjuk teknis pemberian bantuan modal usaha yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

"Untuk seluruh tahapan bantuan modal usaha telah kami lakukan secara profesional, transparan dan adil," ujarnya.

Pada tahun ini, setiap penerima mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp2,5 juta. Dengan bantuan modal usaha yang diberikan, Wahyu berharap dapat membantu para pelaku usaha meningkatkan sarana, kapasitas produksi serta membuka lapangan kerja baru, sehinggaperekonomian semakin menguat dan masyarakat semakin sejahtera.

"Saya berpesan, manfaatkan bantuan modal usaha ini dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab sesuai rencana anggaran yang telah disusun. Karena realisasi bantuan ini harus disertakan SPJ-nya untuk dilaporkan ke Disperdagin Kota Kediri," tuturnya.

Dengan perubahan zaman yang sangat pesat saat ini, Wahyu sekaligus mengimbau para penerima bantuan modal agar bisa terus beradaptasi mengikuti pekembangan zaman.

"Saat ini banyak konsumen yang lebih menyukai pesan via online. Maka, pasarkan juga produk panjenengan lewat media sosial. Tingkatkan pula layanan yang cepat, ramah dan mudah," ucapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video