Hasil Survei Sebut Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Kediri Terus Menguat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hasil Survei Sebut Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Kediri Terus Menguat

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 12 Agustus 2024 15:38 WIB

Kantor KPwBI Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hasil Survei Konsumen kepada 100 responden rumah tangga di Kediri pada Juli 2024 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap perekonomian pada wilayah dimaksud terus menguat. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BI Kediri, Yayat Cadarajat, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (12/8/2024). Menurut dia, optimisme itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang berada pada level optimis sebesar 128,17 (level >100), meningkat dibanding Juni 2024.

Optimisme konsumen tersebut, lanjut Yayat, juga didukung ekspektasi masyarakat terhadap prospek ekonomi Kediri ke depan semakin membaik. Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan terpantau tetap optimis.

"Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Juli 2024 yang berada pada zona optimis sebesar 150,00, meningkat dibandingkan dengan Juni 2024. IEK yang tetap kuat pada Juli 2024 didorong oleh ekspektasi terhadap ketersedian lapangan kerja dan penghasilan wilayah Kota Kediri yang meningkat," ucapnya.

Dijelaskan olehnya, perkiraan ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan semakin meningkat seiring dengan adanya Proyek Pemerintah/swasta diantaranya tol Kediri-Kertosono dan tol Kediri-Tulungagung. Lebih lanjut, Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) pada Juli tercatat tetap optimis yaitu sebesar 106,33.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video