Kuatkan Peran Operator Klinik Kekayaan Intelektual Daerah, Kemenkumham Jatim Gelar ToT | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kuatkan Peran Operator Klinik Kekayaan Intelektual Daerah, Kemenkumham Jatim Gelar ToT

Editor: Arief Rahardjo
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Rabu, 14 Agustus 2024 20:09 WIB

Training of Traine yang digelar Kanwil Kemenkumham Jatim guna meningkatkan pemahaman operator Klinik Kekayaan Intelektual di daerah mengenai tata cara Penyusunan Salinan Ketentuan Penggunaan Merek Kolektif.

MALANG, BANGSAONLINE.com - memperkuat peran pemerintah daerah dalam kekayaan intelektual yang berkelanjutan dengan cara meningkatkan pemahaman operator Klinik Kekayaan Intelektual di daerah mengenai tata cara Penyusunan Salinan Ketentuan Penggunaan Merek Kolektif.

"Kami ingin menguatkan peran para operator klinik kekayaan intelektual di daerah ini, termasuk bagaimana perlindungan produk lainnya yang terkait merek kolektif seperti sertifikasi halal, ijin Badan POM hingga SNI," ujar Kabid Pelayanan Hukum dan HAM, Mustiqo Vitra Ardhiansyah dalam laporannya sebagai ketua panitia Training of Trainer kepada operator klinik KI se-Jatim, Rabu (14/8).

Sebelumnya, telah berkolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait, untuk menjadikan pelayanan kekayaan intelektual menjadi salah satu bagian pelayanan untuk UMKM di daerah. Stakeholder yang telah dirangkul diantaranya Badan Koordinasi Wilayah I-V Jawa Timur, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian hingga Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang ada di seluruh kabupaten/ kota di Jatim.

"Potensi karya intelektual masyarakat di wilayah Jawa Timur sangat tinggi, tetapi pelindungan terhadap Kekayaan Intelektual untuk produk usaha (terutama merek untuk UMKM atau Sentra UMKM) masih belum merata, sehingga diperlukan dorongan yang lebih masif kepada para stakeholder," urai Mustiqo.

Mustiqo berharap, menjadi motor penggerak sekaligus kolaborator peningkatan pelayanan yang berkelanjutan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

 

sumber : Humas Kemenkumham Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video