Tingkatkan Produksi, Unirow Kenalkan Alat Evaporator "CEPEK" untuk Petani Garam di Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Produksi, Unirow Kenalkan Alat Evaporator "CEPEK" untuk Petani Garam di Tuban

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Suwandi
Selasa, 10 September 2024 21:51 WIB

Tim Pengabdian Masyarakat Kampus Unirow saat mengenalkan alat evaporator "CEPEK" kepada petani garam di Desa Pliwetan, Kecamatan Palang.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - () Tuban melalui Tim Pengabdian Masyarakat mengenalkan sekaligus memberikan pelatihan penggunaan alat evaporator "CEPEK" untuk para petani garam di , Kecamatan Palang.

Pengenalan alat evaporator ini dalam rangka meningkatkan pendapatan petani garam di Kabupaten Tuban, terutama di .

Ketua Pengabdian Masyarakat Tuban, Suwarsih, menjelaskan Cepek merupakan akronim dari Cepat, Efektif, Portable, Efisien, dan Praktis.

Sedikitnya, ada 20 petani anggota Kelompok Usaha Garam Rakyat (Kugar)  yang mendapatkan sosialisasi perdana cara penggunaan alat evaporator "CEPEK" untuk meningkatkan produksi garam.

"Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai cara pembuatan garam dengan alat evaporator "CEPEK". Dan mayoritas 89,63 persen dari mereka yang hadir ikut pelatihan," kata Suwarsih, Selasa (10/9/2024).

Sementara, Marita Ika Joesidawati, anggota tim pengabdian masyarakat , menjelaskan alat ini dapat dipindahtempatkan sesuai kebutuhan lahan. Sebab, pembuatan CEPEK memang diperuntukkan pada lahan pekarangan yang sempit.

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan kelompok usaha garam rakyat yang didanai oleh hibah DRPM Kemenristekdikti melalui program kemitraan masyarakat (PKM) tahun 2024," ujar Marita.

Terpisah, Petani Garam , Budiyanto, mengaku senang dengan adanya pengenalan alat evaporator CEPEK pada anggotanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video