Begini Cara Pemdes Sekarkurung Gresik Antisipasi TBC | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Cara Pemdes Sekarkurung Gresik Antisipasi TBC

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 01 Oktober 2024 14:00 WIB

Peserta sosialisasi TBC di Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, bersama ibu-ibu RT dan RW serta petugas Puskesmas setempat melakukan sosialisasi pencegahan (Tuberkulosis) di balai desa, Selasa (1/10/2024). Pemdes Sekarkurung memberikan atensi khusus pencegahan , lantaran menjadi salah satu penyakit menular yang rentan menyerang masyarakat.

dapat menular melalui udara, dan seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas pada tahap awal, sehingga sering terlambat diketahui. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mitigasi dan deteksi dini, serta pengobatan yang tepat untuk mencegah penyebaran .

Dalam agenda tersebut, petugas kesehatan menjelaskan tanda-tanda awal penyakit , seperti batuk berdahak yang berlangsung lebih dari 2 minggu, penurunan berat badan, serta demam yang tidak kunjung sembuh. Mereka juga mengedukasi peserta tentang cara-cara pencegahan, seperti menjaga kebersihan lingkungan, penggunaan masker bagi penderita, serta pentingnya pemeriksaan rutin di puskesmas.

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat memahami betapa pentingnya deteksi dini dan pengobatan yang tuntas. Melalui program sosialisasi ini kami berharap dapat menemukan kasus lebih awal, memberikan pengobatan yang tepat, dan memastikan pasien benar-benar sembuh untuk mencegah penularan lebih lanjut," urai dokter Ahli Pratama Puskesmas Kebomas, dr. Emilia Puspitasari.

Dalam sosialisasi ini peserta juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, termasuk tes tuberkulin dan konsultasi dengan dokter.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video