Hanya 60 Hektar, Lahan Pertanian di Gresik yang Bisa Diasuransikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hanya 60 Hektar, Lahan Pertanian di Gresik yang Bisa Diasuransikan

Rabu, 06 Januari 2016 16:16 WIB

Penjabat Bupati Gresik, Akmal Boedianto ketika audiensi dengan anggota DPD RI. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian (Disperta) Pemkab telah mengasuransikan lahan pertanian padi. Namun, tidak semua lahan pertanian yang bisa diasuransikan.

Lahan yang bisa diasuransikan hanya 60 hektar dari 64.000 hektar areal tanaman padi di Kabupaten .

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian , Ir Agus Joko Waluyo saat ditanya oleh Wakil Pimpinan Komite II DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI, Achmad Mawardi saat audiensi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten di Ruang Graita Eka Praja, Rabu (6/1).

Menurut Agus, sesuai ploting dari Kementerian Pertanian RI, Pemkab mendapat jatah 19.000 hektar lahan pertanian padi untuk diasuransikan.

Biaya asuransinya sebesar Rp 180 ribu per hektar. Dana itu ditanggung pemerintah sebesar Rp 144 ribu, kekurangannya yang hanya Rp 36 ribu per hektar dibebankan kepada petani pemilik lahan yang bersangkutan. “Asuransi pertanian ini sangat bermanfaat dan bagus bagi petani. Mengingat dana pertanggungannya sebesar Rp 6 juta rupiah," jelasnya.

Namun, lanjut Agus karena persyaratan dari pihak asuransi yaitu tidak menerima lahan daerah endemis bencana maupun endemis hama penyakit, maka yang bisa diikutkan hanya 60 hektar. "Jumlah ini sangat minim dibanding luas seluruh lahan padi di ," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video