Pemkab Gresik Gagalkan Upaya Pencaplokan Lahan Perkebunan di Cerme Kidul | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Gresik Gagalkan Upaya Pencaplokan Lahan Perkebunan di Cerme Kidul

Rabu, 27 Januari 2016 16:15 WIB

Kepala Bapelu Gresik, Labat Wibowo. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Upaya pencaplokan lahan milik Pemkab Gresik berupa lahan perkebunan mente seluas sekitar 1 hektar di Desa Cerme Kidul Kecamatan Cerme berhasil digagalkan. Hal tersebut setelah adanya laporan warga setempat ke Bapelu (badan penyuluh pertanian Pemkab Gresik.

Ironisnya, upaya pencaplokan lahan perkebunan di bawah kendali Bapelu tersebut diduga melibatkan aparatur pemerintahan Desa Cerme Kidul dan Kecamatan Cerme. "Kami langsung laporkan kasus dugaan pencaplokan lahan perkebunan mente tersebut ke Pemkab Gresik," kata warga Cerme Kidul yang enggan disebutkan namanya, saat di Pemkab Gresik, Rabu (27/1).

Menurut dia, upaya pencaplokan lahan perkebunan mente di Desa Cerme Kidul bermula adanya pengembang perumahan dari warga yang mengaku bernama Sholeh. Dia melakukan pengkavlingan lahan miliknya untuk perumahan. Namun, lahan miliknya itu berada di pedalaman yang jauh dari akses jalan umum. Satu-satunya jalan, untuk bisa masuk ke areal yang akan dibuat perumahan itu harus lewat lahan perkebunan mente milik Bapelu Pemkab Gresik.

Berdalih kalau lahan tersebut warga Cerme Kidul yang minta, Sholeh lalu mengajukan permintaan pemanfaatan lahan seluas 6x180 meter2 untuk jalan masuk ke areal yang akan dibangun perumahan itu melalui Kades Cerme Kidul, Wahyudi Pratama dan Camat Cerme, Suropadi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkab gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video