FPRB Kota Batu segera Dideklarasikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

FPRB Kota Batu segera Dideklarasikan

Kamis, 18 Februari 2016 01:33 WIB

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pembentukan persiapan panitia Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) tinggal selangkah lagi. Beberapa masyarakat dari beberapa golongan, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , LSM, wartawan, PMI, akademisi dll sudah menyiapkan pendirian organisasi tersebut.

Visi dan misi pembentukan FPRB sendiri sebagai wujud gerakan pengurangan risiko bencana bersama yang ada di wilayah menyeluruh. Diharapkan organisasi ini ke depan memiliki kepedulian, kompetensi, dan terpercaya.

Selain itu meningkatkan kapasitas anggota, membangun komunikasi dan kordinasi antar pihak seluruh element di Batu serta membangun gerakan pengurangan risiko bencana secara bertahap.

Kordinator FPRB , Didin Dariyanto menjelaskan tujuan utama organisasi ini dibentuk sebagai komitmen komunikasi dalam upaya pengurangan risiko bencana yang sinergi, mendukung upaya pengurangan risiko bencana dengan terintegrasi.

"Nanti FPRB juga terus memberikan masukan, saran, rekomendasi dan pendampingan teknis kepada semua pihak untuk mewujudkan yang selalu siaga tanggap dan tangguh dalam resiko bencana," jelas Didin Dariyanto usai rapat bersama, Rabu (17/2).

Didin menambahkan peran dan fungsi FPRB ke depan akan juga menjadi fasilitator daalam berbagai kegiatan pemerintah, masyarakat dan pihak swasta dalam upaya pengurangan resiko bencana.

"Kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis di di tengah pegunungan menempatkan wilayah ini rawan terhadap berbagai ancaman bencana, seperti longsor, banjir bandang dll. Bencana merupakan isu yang kompleks dan memerlukan suatu perencanaan yang matang dalam penanggulangan. Tapi, sampai saat ini upaya pada umummnya masih belum sistematis dan terencana," jealsnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kota Batu

Berita Terkait

Bangsaonline Video